Bale CimahiHumanioraPendidikan

Semua SMP di Cimahi Belum Bisa Gelar UNBK

ilustrasi ujian siswi SMP
ilustrasi ujian siswi SMP

CIMAHI – Semua SMP di Kota Cimahi belum siap untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Pasalnya sarana dan prasarana computer yang dibutuhkan sebagai penunjang pelaksanaan UNBK belum dimiliki.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Maria Fitriana, mengatakan pihaknya sudah melakukan pendataan ke sekolah-sekolah mengenai ketersediaan komputer yang bisa dipakai untuk melaksanakan UNBK.

“Hasilnya untuk tahun ini semua SMP di Kota Cimahi belum bisa menggelar UNBK walaupun semua persiapan sudah kami lakukan secara matang,” Maria kepada wartawan.

Oleh karena itu untuk tahun ini pelaksanaan UN masih difokuskan pada pelaksanaan UN berbasis lembar jawaban soal. Karena pihaknya pun tidak ingin memaksakan sekolah untuk mengikuti UNBK jika memang tidak benar-benar siap. Lebih baik menunggu satu tahun dan menyiapkan seluruh sarana prasarana agar kualitas UN di tahun mendatang lebih baik lagi.

“Sebenarnya kalau dipaksakan bisa saja ada sekolah yang menggelar UNBK tahun ini. Tapi kami tidak mau karena hasilnya bisa saja tidak maksimal,” tukasnya.

Selain itu sekolah pun tidak mau membebani siswa karena untuk melaksanakan UNBK tentunya perlu persiapan jauh-jauh hari. Mengingat perubahan dari mengerjakan lewat lembar jawaban dengan komputer pasti berebda dan siswa perlu melakukan adaptasi. “Itu juga jadi pertimbangan kami jadi kami putuskan tahun ini tidak ada SMP di Cimahi yang menggelar UNBK,” ujarnya. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close