Bale Kab Bandung

Tiga Desa di Cicalengka, Minta Perbaikan Sapras Pertanian

Irigasi yang diharapkan masyarakat petani agar segera diperbaiki.

CICALENGKA, Balebandung.com – Mengenai keinginan masyarakat petani di tiga Desa Kecamatan Cicalengka yang menginginkan adanya perbaikan sarana prasarana pertanian sebagai upaya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan, dikatakan Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Demokrat, H. Yayat Sudayat (Abah Yayat), itu merupakan sebuah permintaan yang wajar dan harus menjadi perhatian pemerintah.

Abah Yayat menambahkan, dia akan memperjuangkan hal itu dengan melakukan mediasi kepada pemerintah. Karena masyarakat petani seharusnya menjadi prioritas pemerintah, mengingat lahan pertanian di wilayah Kabupaten Bandung sangat dominan. Dan keinginannya itu merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi pemerintah.

“Masyarakat petani itu bisa dikatakan marjinal. Baik itu masa depannya, pendidikannya, juga kehidupannya. Karena cenderung lebih fokus pada pekerjaannya tanpa tahu perkembangan yang terjadi,” katanya melalui telepon, Rabu (21/4/2021).

Tapi dia optimis, di kepemimpinan Bupati Bandung terpilih, HM Dadang Supriatna, kehidupan masyarakat petani bisa terdongkrak. Demikian juga dengan segala kebutuhannya nanti bisa terpenuhi.

Menyikapi pernyataan Abah Yayat, salah seorang petani, Rohaendi, menuturkan, saat ini yang membutuhkan perbaikan sapras dan modal usaha untuk meningkatkan produksi tanaman pangan, diantaranya, Desa Margaasih, Narawita, dan Babakanpeuteuy.

Rohaendi memaparkan, untuk perbaikan sapras yang diinginkan masyarakat berupa pembangunan Embung, jaringan irigasi, dan damparit. Tuntutan lainnya adalah modal usaha dan pemasaran hasil pertanian.

Perbaikan sapras dan penyertaan modal dan pemasaran, diharapkan dia, bisa segera direalisasikan agar masyarakat petani di ketiga desa itu bisa melangsungkan kehidupannya di masa pandemi covid 19 ini.

“Hal ini tentu saja bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Apalagi Embung Pertanian sangat mendukung hasil produksi pertanian,” ujar Rohaendi yang merupakan pengurus Kelompok Tani (Poktan) Muda Merdeka.

Keinginan masyarakat petani itu, menurut dia, adalah demi keberlangsungan pertanian dalam aspek peningkatan produksi. Untuk itu diharapkan pemerintah bisa segera turun tangan dan menindaklanjuti keinginan petani melalui perbaikan sapras.

Begitu juga dengan Wawan, rekan Rohaendi, yang mengharapkan pembangunan dan perbaikan sarana irigasi agar segera dilakukan. Dengan saluran irigasi yang baik, termasuk arusnya, dapat menunjang hasil pertanian itu sendiri.

Ia mencontohkan, di Beor, semula lahan sawah seluas 25 hektar, dengan sarana damparit yang di bangun, dapat meningkatkan ketahanan sawah di musim kemarau hampir 35 hektar.

“Untuk itu Kami berharap, kegiatan kelompok di desa kami dapat didukung oleh program pemerintah,” pungkas dia. @fattah.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close