Bale Kab Bandung

TMMD Kodim Kabupaten Bandung Buka Jalan Lingkar Ciparay

Bupati Bandung Dadang M Naser (tengah) mendamping Danrem 062 Tarumanegara Kol Inf Parwito, saat pembukaan TMMD di Desa Gunung Leutik, Kec Ciparay, Kab Bandung, Senin (16/3). by Saepul/bbcom

CIPARAY, Balebandung.com – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0624/Kabupaten Bandung ke–107, kali ini membuka akses Jalur Lingkar Ciparay di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan Jalur Lingkar Ciparay yang akan dibuka Kodim Kabupaten Bandung bersama masyarakat ini nantinya bisa dimanfaatkan sebagai jalur alternatif ketiak Jalan Raya Laswi Ciparay mengalami kemacetan terutama di titik depan Alun-alun Ciparay.

“Selain untuk menghubungkan tiga desa yaitu, Bumiwangi, Mekarlakasan dan Desa Sagara Cipta di Ciparay, Jalan Lingkar Ciparay ini nantnya akan menjadi jalur alternatif apabila ada kepadatan lalu lintas di depan Alun-alun Ciparay, sehingga kemacetan di titik itu bisa terurai,” jelas bupati saat menghadiri pembukaan TMMD di Desa Gunung Leutik, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Senin (16/3/20).

Lebih dari itu, imbuh Dadang, dengan dibukanya jalur alternatif Lingkar Ciparay ini akan membuka akses jalan bagi kampung dan desa yang terisolir sebelumnya.

“Sehingga kampung yang tadinya tersisolir nanti dengan dibukanya Jalur Lingkar Ciparay maka akan menggerakkan laju perekonomian masyarakat sekitar,” imbuh bupati.

Dadang mengucapkan terima kasih Kodim Kabupaten Bandung dan masyarat setempat yang manunggal untuk mengerjakan program fisik TMDD ini. “Bahkan ada warga yang sukarela dengan ridho menghibahkan lahannya demi kepentingan masyarakat banyak dalam pembukaan jalur alternatif Lingkar Ciparay ini,” ungkapnya.

Karena itu Dadang menilai program TMMD ini dari tahun ke tahun anggarannya makin efektif dan efisien, berkat kemanunggalan TNI dan rakyat. “Masyarakat sangat merespon program TMMD ini bahkan ada yang rela menghibahkan lahannya untuk pembuatan jalan. Karena itu Pemkab Bandung terus mendukung program TMMD ini,” ucap bupati.

Komandan Korem 062/Tarumanegara Kol Inf. Parwito berharap Program TMMD ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung khususnya warga Kecamatan Ciparay. Danrem menjelaskan, selain pembuatan Jalan Lingkar Ciparay, program fisik TMMD kali ini juga ada pembuatan jembatan, perbaikan drainase dan renovasi rumah tidak layak huni.

“Untuk TMMD ke-107 ini sesuai arahan pimpinan, maka upacara pembukaan TMMD untuk sementara ditiadakan mengingat antisipasi wabah Virus Corona. Jadi, kali ini prajurit kami langsung bekerja saja bersama masyarakat,” ungkap Kol Inf Prawito. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close