Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale CimahiTPA Leuwigajah Mau Difungsikan Lagi

TPA Leuwigajah Mau Difungsikan Lagi

ilustrasi penampakan TPA Leuwigajah
ilustrasi penampakan TPA Leuwigajah

CIMAHI – Pemkot Cimahi berencana mengaktifkan lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Leuwigajah di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Rencana itu untuk mengantisipasi kemungkinan berakhirnya penggunanaan TPA Sarimukti, di Kabupaten Bandung Barat.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi Benny Bachtiar mengatakan pihaknya sudah membahas permasalahan tersebut dan akan terus ditindaklanjuti. “Kami memang berencana akan memanfaatkan kembali tanah di Leuwigajah, tapi itu nanti masih menunggu kesepakatan dengan warganya,” ucapnya, kata Benny kepada wartawan, Selasa (26/7/16).

Menurutya komunikasi dengan warga sangat diperlukan mengingat nantinya keputusan warga juga akan jadi pertimbangan dari realisasi rencana ini. Jika warga setuju maka rencana ini akan dilanjutkan. Sebaliknya kalau tidak, rencana ini bisa saja dibatalkan.

Menurutnya tragedi TPA Lewuigajah yang mengalami longsor di tahun 2005 dan menewaskan 157 jiwa ini, sempat menimbulkan trauma warga sekitar. Namun dirinya optimistis tragedi TPA Leuwigajah tidak akan terjadi lagi. Sebab pihaknya akan menyiapkan konsep berbeda untuk mengelola sampah di sana.

“Kalau nanti rencana ini jadi maka konsepnya akan berbeda. Sekarang sampah akan langsung diolah, dijadikan tenaga listrik dan pembuangannya pun akan dijadikan bahan baku sehingga semua sampah termanfaatkan,” jelasnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI