Bale Kab Bandung

Wabup : Pasar Sehat Bersama Edukasi Pasar Tradisional Terapkan Protokol Kesehatan

Wabup Bandung Gun Gun Gunawan meninjau Gerakan Pasar Sehat Bersama di Pasar Stasiun, Kec Majalaya, Kab Bandung, Kamis (18/6/2020). by iwa/bbcom

MAJALAYA, Balebandung.com  – Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengapresiasi Pasar Sehat Bersama yang diterapkan di Pasar Stasiun, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Kamis (18/6/2020). Dalam kegiatan Pasar Sehat Bersama diterapkan protokol kesehatan Covid-19 di pasar tersebut baik bagi pembeli maupun penjual di pasar.

“Tentu saya mengapresiasi, merespon dan mendukung kegiaatan ini. Semoga Pasar Sehat Bersama ini menjadi contoh buat pasar-pasar yang lain untukditerapkan hal serupa,” ungkap Gun Gun saat meninjau Pasar Stasiun Majalaya.

Gun Gun yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugs Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bandung ini mengatakan Pasar Sehat Bersama ini merupakan ide dari anak-anak muda di Malaya bekerjsama dengan Muspika Kecamatan Majalaya.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan hal yang positif, di tengah kegalauan masyarakat apakah aman kalau belanja ke pasar tradisional di tengah pandemi Covid-19.

Gun Gun juga berterima kasih kepada para pedagang di pasar yang merespon arahan pemerintah dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan dalam berjualan.

Para pedagang memakai masker, pelindung wajah, sarung tangan karet, dan melakukan jaga jarak serta menyiapkan hand sanitizer. Bahkan ada juga penyemprot disinfektan uang kepada pedagang. Bagi pedagang yang sudah menerapkan protokol kesehatan pun kemudian diberi label ‘Jongko Sehat’.

Terlebih lagi menurutnya Pemkab Bandung pun sudah melakukan rapid test bagi para pedagangan di pasar-pasar tradisional melalui Dinas Perindustrian dan Perdagaganan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, termasuk bagi para pedagang di Pasar Majalaya.

“Dengan Pasar Sehat Bersama ini maka pengunjung pasar pun akan lebih merasa aman dan nyaman untuk berbelanja. Begitu juga roda perekonomian di pasar tradisional bisa terus berjalan,” ujar Gun Gun.

Inisitor Gerakan Pasar Sehat Bersama, Zulfa Nasrulloh menjelaskan, gerakan bersama berbagai unsur masyarakat untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 yang merugikan kesehatan dan penghidupan masyarakat.

“Gerakan ini bertujuan mengubah ruang publik dari statusnya sebagai ancaman penularan Covid-19, menjadi ruang edukasi kesehatan. Sehingga masyarakat yang terpaksa beraktivitas di ruang publik dapat terjaga melalui banyak edukasi yang diterapkan di dalamnya,” jelas Zulfa.

Adapun program utama gerakan ini adalah mendorong berbagai pihak menciptakan ruang publik edukatif melalui pemasangan instalasi edukasi protokol kesehatan Covid-19 di berbagai titik ruang publik tersebut. “Harapannya kegiatan ini akan berlanjut ke pasar-pasar lainnya di Kabupaten Bandung,” ucap Zulfa.

Selain itu, program Sehat Bersama ini pun akan menyasar ruang publik lain semisal tempat ibadah, pusat keramaian, kafe, swalayan, dan sekolah. Zulfa mengatakan pemberian label sehat pada tiap ruang publik tersebut diharapkan menjadi budaya baru yang meningkatkan kesadaran masyarakat pada kesehatan di tengah pembiasaan normal baru pandemi Covid-19.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close