Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale Cimahi227 Petugas Kebersihan Siaga Sebelum dan Sesudah Lebaran

227 Petugas Kebersihan Siaga Sebelum dan Sesudah Lebaran

petugas kebersihanCIMAHI – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi menyiapkan sebanyak 227 orang petugas untuk ‘mengamankan’ sampah sebelum dan sesudah lebaran. Mereka akan ditempatkan di sejumlah titik terutama di pusat-pusat keramaian seperti mall dan pasar.

Kepala DKP Cimahi Aris Permono mengatakan para petugas itu disiapkan agar tidak ada sampah yang berserakan baik sebelum perayaan lebaran maupun setelahnya. Sebab berkaca dari tahun-tahun sebelumnya biasanya setelah perayaan takbiran atau salat Idul Fitri banyak sampah yang beserakan di sembarangan tempat.

“Saya ingin Kota Cimahi tetap dalam keadaan bersih, baik menjelang lebaran maupun pascalebaran. Untuuk itu ke-227 petugas itu akan mulai bertugas sejak H-5 hingga H+5,” sebutnya.

Aris memperkirakan volume sampah saat lebaran akan meningkat hingga 75% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal itu mengacu kepada pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Penambahan jumlah sampah yang dihasilkan itu karena tingginya aktivitas masyarakat selama bulan puasa dan menjelang lebaran. Konsumsi masyarakat pada bulan Ramadan dan menjelang lebaran mengalami peningkatan. Bahkan tak jarang ada pasar dadakan di beberapa lokasi yang meninggalkan timbunan sampah baru.

“Pada hari-hari biasa sampah yang dihasilkan warga Cimahi hanya 1.500  meter kubik sedangkan pada saat puasa dan lebaran bisa naik sampai setengahnya lebih,” kata dia. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI