Bale Kab BandungPamong

BMKG Pastikan Cuaca Musim Mudik Lebaran Cerah

bg_BMKGNAGREG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan jelang musim arus mudik dan balik lebaran 2017 secara umum cuaca masuk ke dalam musim kemarau. Meski masih ada hujan sesekali.

“Sekarang masuk kemarau. Hujan intensitasnya mulai menurun di mana saat ini terjadi angin kencang yang tinggi saat siang hari hingga malam hari,” ungkap Kepala BMKG Jabar Tony Agus Wijaya kepada wartawan di Posko BMKG. Nagreg, Jumat (16/6/17).

Untuk kecepatan angin sendiri, imbuh Tony, saat ini berkisar rata-rata 20 km per jam. “Memang anomalinya kalau kemarau ya angin kencang, apalagi angin datangnya dari tenggara saat ini,” papar pria yang pernah menjabat Kepala BMKG Yogyakarta ini.

Pihak BMKG menghimbau pemudik memperhatikan situasi iklim saat kemarau ini, dengan memperhatikan jam keberangkatan. “Ya ada baiknya berangkat mudik itu habis shalat subuh atau setelah sahur. Mengingat cuaca siang hari cukup terik dengan kecepatan angin yang tinggi, bisa membuat dehidrasi saat perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama berjam-jam,” harapnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close