Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBale BandungBunga Desa di Soreang, Bupati Bandung Nonton Wayang

Bunga Desa di Soreang, Bupati Bandung Nonton Wayang

SOREANG,balebandung.com – Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna melaksanakan program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) di Desa Sukanagara Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (20/1/2023).

Bunga Desa ke-20 itu, dibarengi dengan pagelaran wayang golek dengan dalang Bhatara Sena Sunandar, Sabda Palon dari Giri Harja Jelekong Kabupaten Bandung.

Pada pelaksanaan Bunga Desa yang dibarengi dengan pagelaran wayang golek itu mendapat perhatian ratusan warga, bahkan ribuan warga dari berbagai daerah hadir pada ajang Bupati Ngamumule Desa di Desa Sukanagara itu.

Kegiatan Bunga Desa itu, setelah sebelumnya Bupati Bandung Dadang Supriatna melaksanakan program Rembug Bedas di Desa Soreang dan Desa Sukajadi Kecamatan Soreang, selain membagikan 286 paket sembako kepada para pengemudi ojek pangkalan di Pendopo Kecamatan Soreang. Selama sehari, Bupati Bandung melaksanakan kegiatan di Kecamatan Soreang dalam upaya ngarakeutkeun silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Bupati Bandung pun mengajak dan meminta masukan dari masyarakat dalam upaya peningkatan pembangunan di Kecamatan Soreang, sebagai pusat Kota Soreang. Hal itu dalam upaya membangun kebersamaan melalui program pentahelix dalam membangun sebuah daerah.

Bupati Bandung pun mensosialisasikan program Bedas Market. Melalui program Bedas Market, katanya, 10 orang akan dilatih pada setiap desanya.
“Jadi dengan 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung, nantinya ada 2800 orang yang akan dilibatkan dan dilatih melalui program Bedas Market,” ujar Bupati Dadang Supriatna.

Kang DS, panggilan akrab Dadang Supriatna mengatakan, dengan adanya program Bedas Market ini tidak menganggu kegiatan ibu-ibu rumah tangga. “Ibu-ibu bisa jualan online melalui program Bedas Market ini,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Bandung tersebut.

Kang DS mengungkapkan, untuk menggulirkan program Bedas Market itu, di Kabupaten Bandung tercatat ada sekitar 16.000 produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). “Insya Allah, Bedas Market akan dilaunching pada Februari 2023 mendatang,” tutur Kang DS.

Di hadapan masyarakat, Kang DS akan memprioritaskan peningkatan pembangunan di Kecamatan Soreang, sebagai ibu kota Kabupaten Bandung. Sehingga pihaknya apa yang menjadi harapan kepala desa setempat, khususnya dalam perbaikan jalan yang rusak akan menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung.

“Kondisi jalan yang ada di Kecamatan Soreang bakal diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan. Moal dihare-harekeun,” ujarnya.

Kang DS pun mengungkapkan bahwa tahun 2023 ini, sebesar Rp 27,4 miliar anggaran digulirkan ke 10 desa yang ada di Kecamatan Soreang, dengan besaran bervariasi pada setiap desanya.

“Untuk itu, saya mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama membangun Kabupaten Bandung,” katanya.

Melalui program Bunga Desa itu, Kang DS pun memfasilitasi pagelaran wayang golek untuk menghibur masyarakat di Desa Sukanagara.”Nyanggakeun hiburanna wayang golek kanggo masyarakat,” pungkasnya.**

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI