Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale BandungBupati Bandung ke Papua, Bukan Sekedar Kunjungan Kerja

Bupati Bandung ke Papua, Bukan Sekedar Kunjungan Kerja

SORONG, Balebandung.com – Bukan untuk yang pertama kali bagi Bupati Bandung Dadang Supriatna mendatangi Provinsi Papua. Untuk kali ini ia hadir di Bumi Cenderawasih sebagai seorang Bupati Bandung dalam rangka kunjungan kerja, menyapa dan memberi semangat para atlet asal Kabupaten Bandung yang siap berlaga di ajang PON XX Papua.

Dadang Supriatna pun menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah salah seorang temannya di Sorong, Papua. Bahkan ia meninjau pembangunan Masjid Ar Rahman, di Jalan Puyuh, Remu, Kota Sorong, di mana temannya menjadi Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) sekaligus ketua panitia pembangunan masjid tersebut.

Sebelum jadi Bupati Bandung, Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, sudah sering menginjak Tanah Papua. Sebagai seorang pengusaha waktu itu, ia sudah berkeliling Indonesia untuk mengerjakan dan mengontrol proyek-proyeknya, termasuk di beberapa pulau di Papua.

Sejak duduk di Sekolah Teknik Menengah (STM) Igasar Pindad Bandung , Kang DS sudah memulai usahanya, untuk menjadi kontraktor bangunan. Ia memang terlahir dari keluarga yang wirausaha.

Terakhir ia mengunjungi Papua saat dirinya masih menjabat anggota DPRD Jawa Barat, yang juga sebagai seorang pengusaha. Ia mengecek proyeknya di Sorong, pemasangan tower seluler (BTS) dan solar panel penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya. Meski lokasi proyeknya jauh dari Bandung, namun ia mengendalikan bisnisnya dari handphone.

Dengan seringnya Kang DS ke Papua, ia pun jadi punya teman warga pribumi. Sebagai pendatang atau tamu, Kang DS juga menyesuaikan pergaulannya dengan warga setempat. Saat di Jayapura, ia sempat mengontak beberapa teman-temannya.

“Tergantung dari sikap kita dalam pergaulan. Kalau kita bersikap ramah, mereka juga ramah,” ujar Kang DS.

Ia juga menyampaikan pesan dalam meraih kesuksesan. “Untuk menjadi orang sukses itu harus rajin bekerja. Jangan lupa berdoa. Jangan lupa jujur, jangan lupa sayang kepada orangtua dan minta ridho barokah kedua orangtua,” ungkapnya.

Yano Asbiwali (43), salah seorang teman Kang DS di Sorong, Papua, mengaku senang sekali ia dan keluarganya dikunjungi teman dekat yang kini menjabat Bupati Bandung.

“Wah, rasanya luar biasa sekali kami dikunjungi rombongan beliau. Keluarga saya sangat senang menyambutnya dan menjamu ala kadarnya,” ucap Yano.

Yano mengaku pertama kali kenal dengan Kang DS saat mengurus bisnis. “Sudah tujuh tahun yang lalu kami saling kenal. Waktu itu saya yang uruskan perijinan ekpedisi untuk pengangkutan barang solar cell punya beliau,” kenang Yanto saat merima kedatangan Bupati Bandung di rumahnya, Jalan Puyuh, Remu, Sorong.

Ia mengenal Kang DS sebagai sosok yang ulet dalam berbisnis.”Dalam berbinis, beliau mengerti kita lah. Kalau sudah selesai pekerjaan, Kang Dadang langsung bayar pekerjaan atau hak-hak kita,” ujarnya.

Yano mengatakan jika ia mengantar istrinya pulang kampung ke Tasikmalaya, juga sekaligus mampir ke Bandung, untuk bersilaturahmi rumah Kang DS, bahkan sampai menginap.

Ia mengaku kali ini usaha bisnisnya sudah tidak lagi berjalan akibat terdampak pandemi Covid-19. Yano kini lebih berkonsentrasi berdakwah, menjadi Ketua DKM Masjid Ar Rahman, dan panitia pembangunan masjid yang ditinjau Bupati Bandung tersebut. ***

 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI