Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBale BandungBupati Bandung Raih Penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha

Bupati Bandung Raih Penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha

SURAKARTA, balebandung.com – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna mendapatkan penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha, Rabu (30/11/22) malam.

Penghargaan dari Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Dr. H. Didik Mukrianto, dan Sekretaris Jendral H. Deden Sirajuddin itu diterima Bupati Bandung diwakili jajaran Dinas Sosial Kabupaten Bandung di Balai Kota Surakarta DI Yogyakarta.

Pada malam penghargaan itu, tercatat ada 32 gubernur, wakil gubernur, sekda provinsi, tokoh provinsi, mitra provinsi, bupati, dan wali kota yang menerima penghargaan dari Pengurus Nasional Karang Taruna itu.

Penghargaan yang diterima Dadang Supriatna selaku orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu atas karya bakti dan pengabdian sosial yang telah dilakukan bersama-sama dan berkolaborasi dengan karang taruna.

Tentunya, penghargaan yang diterima Bupati Bandung itu dari sekian banyak penghargaan yang diterimanya dalam berbagai hal maupun prestasi dalam kinerjanya selama menjabat Bupati Bandung sejak 26 April 2021 dilantik hingga saat ini. Banyak program yang digulirkan Bupati Bandung, di antaranya dalam bidang pendidikan, kesehatan, peningkatan daya beli masyarakat dan hal lainnya.

Dari sekian banyak program yang menunjukkan keberpihakannya pada masyarakat Kabupaten Bandung, dalam pelaksanaannya dikolaborasikan dengan karang taruna yang ada di daerah. Sehingga sinergitas antara pemimpin daerah dengan para pemuda karang taruna berjalan dengan baik.

Usai menerima penghargaan itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Indra Respati mengucapkan selamat dan sukses kepada Bupati Bandung yang telah menerima penghargaan Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha dari Pengurus Karang Taruna Nasional yang difasilitasi oleh Kementerian Sosial RI.

“Tentunya penghargaan atau Satyalancana ini diberikan kepada Kepala Daerah, khususnya Bapak Bupati Bandung ini dengan kriteria bahwa beliau sangat konsen terhadap pembinaan karang taruna. Artinya, pembinaan yang dilakukan selama ini dipandang oleh panitia karang taruna nasional melebihi dari kewenangan yang ada. Ini merupakan suatu prestasi bagi Pak Bupati Bandung,” tutur Indra Respati.

Mengingat, kata Indra Respati, bahwa karang taruna merupakan aset nasional maupun aset daerah yang perlu untuk terus dikembangkan dalam pembangunan di daerah Kabupaten Bandung.

“Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bandung yang Bedas. Kami segenap jajaran Dinas Sosial mengucapkan selamat dan sukses kepada Pak Bupati Bandung. Mudah-mudahan kedepan karang taruna Kabupaten Bandung dapat mengisi pembangunan di Kabupaten Bandung melalui karya nyata untuk mewujudkan Kabupaten Bandung yang Bedas,” ungkapnya.

Dikatakan Indra Respati, penghargaan ini diserahkan dari Pengurus Nasional Karang Taruna kepada Bupati Bandung yang diwakili dirinya di Kota Solo pada 29 November 2022.

“Tentunya, ini suatu kebanggaan bagi karang taruna Kabupaten Bandung. Karena Pak Bupati selaku pembina mendapatkan apresiasi tingkat nasional,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Ruli Yuliana mengatakan, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna mendapatkan penghargaan anugerah Satyalancana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha.

“Penghargaan ini diberikan kepada pembina karang taruna di wilayah kabupaten/kota se-Indonesia, yang dianggap memberikan perhatian khusus dalam kegiatan sosial dan pembinaan terhadap karang taruna di kabupaten, kecamatan dan desa,” kata Ruli.

“Ini menjadi penting karena hari ini kita melihat kiprah Pak Bupati Bandung yang sangat luar biasa dalam rangka pembangunan generasi muda. Membawa organisasi-organisasi kepemudaan ke posisi yang lebih baik, dimana karang taruna khususnya mendapatkan tempat untuk berkomunikasi dan bekerjasama baik dengan pemerintah. Pak Bupati Bandung selalu membantu dan mengarahkan, dan bisa menjadi idola dan teladan bagi kita,” imbuhnya.

Ruli menilai Bupati Dadang Supriatna merupakan hal yang istimewa dan luar biasa, karena baru satu tahun lebih menjabat, dan hari ini dibuktikan apa yang dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu hal-hal yang paling baik.

“Selama ini, kita sebagai pengurus sangat mengharapkan hal itu. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati, dan selamat atas penghargaan itu dan menjadi inspirasi bagi kita semua sebagai pengurus karang taruna Kabupaten Bandung,” katanya.

Pada sambutannya, Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Dr. H. Didik Mukrianto menuturkan, bahwa karang taruna adalah organisasi sosial pemuda, yang lahir dari rahim rakyat, yang lahir karena dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan kepedulian melihat generasi muda saat itu tergerus persoalan sosial.

Menurutnya, banyak generasi muda yang menyandang persoalan atau permasalahan sosial di masyarakat. Atas dasar itulah, imbuh Didik, sekelompok pemuda Indonesia bergerak bersama mengambil tanggungjawab, untuk mengurai persoalan sosial di kalangan generasi muda.

“Tentu kami menyadari, tidak mungkin dan tidak akan optimal apa yang kami harapkan, apa yang kami kerjakan dalam kerja-kerja sosial tanpa kolaborasi, tanpa kebersamaan dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di bangsa ini,” katanya.

“Untuk itu, kami menyadari bahwa tugas mulia ini adalah tanggungjawab kita semua. Tugas mulia ini adalah beban kita semua. Untuk itu, tentu kami karang taruna akan terus mengokohkan peran sosial karang taruna,” imbuhnya.

Didik mengatakan, karang taruna harus mampu memposisikan dirinya sebagai perekat sosial penyambung solidaritas. Karang taruna akan terus berperan melawan agenda kemiskinan, agenda pengangguran dan juga keterbelakangan.

Ia pun berharap karang taruna banyak melahirkan wirausaha atau usahawan yang berwatak sosial. Harapannya, kata Didik, dengan banyak kader-kader karang taruna yang mampu menjadi wirausaha dan usahawan insya Allah pengentasan sosial di kalangan generasi muda bisa segera diselesaikan.

“Tentu kami juga ingin memastikan bahwa karang taruna terus penjaga moral dan karakter bangsa bersama-sama pemerintah dan kekuatan strategis bangsa dan lainnya. Kami akan terus untuk berperan melawan bahaya narkoba, yang dapat merusak nilai-nilai bangsa,” katanya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI