Senin, September 25, 2023
BerandaBale BandungDisdukcapil Kab Bandung Juara Terbaik 2 Penilaian Kinerja se-Jabar

Disdukcapil Kab Bandung Juara Terbaik 2 Penilaian Kinerja se-Jabar

BANDUNG, Balebandung.com  – Pemkab Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berhasil meraih juara terbaik ke-2 dalam kategori Kabupaten Penduduk Besar, terkait dengan Penilaian Kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tahun 2023.

Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna diwakili Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman hadir pada penyerahan pemenang dan evaluasi akhir “ADMINDUK JUARA” Tahun 2023 di Papandayan Kota Bandung, Rabu (23/8/2023).

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Disdukcapil Jawa Barat langsung memberikan penghargaan itu kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman yang didampingi Sekretaris Disdukcapil Cecep Hendrawan.

Usai menerima penghargaan, Yudi Abdurahman mengatakan, Disdukcapil Jabar setiap tahun melaksanakan evaluasi dan kinerja dalam hal administrasi kependudukan (Adminduk) di semua kabupaten/kota se-Jawa Barat tahun 2023.

“Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan, berkaitan dengan standar pelayanan, berkaitan dengan ketersediaan prasarana sarana untuk pemenuhan pelayanan,” kata Yudi.

Termasuk juga, imbuh Yudi, capaian-capaian tiap Disduk Casip, berkaitan dengan perekaman KTP, akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak dan dokumen administrasi lainnya.

“Alhamdulillah, Disdukcapil Kabupaten Bandung mendapatkan terbaik kedua se-Jawa Barat dalam kategori kabupaten penduduk besar. Kabupaten Bandung luar biasa jumlah penduduknya, yaitu 3,7 juta jiwa lebih. Itu dinilai oleh Provinsi Jawa Barat dan mengikutsertakan dari Ombudsman, akademisi dan tim penilai lainnya,” kata Yudi.

Menurut Yudi, penghargaan yang diraih Disdukcapil Kabupaten Bandung itu, erat kaitannya dengan ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) yang merupakan program prioritas Bupati Bandung.

“Kita punya kelebihan di wilayah digitalisasi pelayanan Adminduk. Pak Bupati Bandung punya komitmen yang kuat kaitan dengan digitalisasi ini untuk mempermudah pelayanan Adminduk kepada masyarakat,” katanya.

Yudi mengatakan dengan adanya 120 ADM yang tersebar di 120 desa dan kelurahan di Kabupaten Bandung ini menjadi salah satu bagian yang menjadi penilaian.

Yudi mengungkapkan dengan adanya penilaian kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tahun 2023 ini, tentunya menjadi bahan bagi para ASN yang ada di Disdukcapil Kab. Bandung untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini akan menjadi pemicu dan pemacu motivasi kita untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, terutama di wilayah dokumen Adminduk,” kata Yudi.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI