Bale Kab Bandung

Disperkimtan Antisipasi Kerusakan Rumah Warga Akibat Bencana

Kadis Perkimtan Kab Bandung, Erwin Rinaldi. by gus/bbcom

SOREANG, Balebandung.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kab. Bandung, Erwin Rinaldi menyatakan pihaknya sudah mengantisipasi kerusakan yang terjadi terhadap rumah warga akibat bencana alam seperti banjir, longsor, angin puting beliung.

Bukan saja rumah warga, tapi sarana dan prasarana umum yang rusak di lingkungan warga terdampak bencana pun disiapkan untuk dibantu. Namun, tukas Erwin, bantuan tersebut tidak berlaku bagi warga komplek perumahan, terutama bagi perumahan yang belum diserahterimakan ke Pemkab Bandung.

“Dibandingkan dengan kompleks perumahan, kami tentu prioritaskan permukiman atau rumah-rumah warga yang terdampak bencana alam. Sebab kalau di perumahan kan, pengembang perumahannya yang bertanggung jawab jika rumah warga perumahan terdampak bencana. Kecuali kalau perumahan itu sudah diterimakan ke Pemkab Bandung,” jelas Erwin di Soreang, Selasa (19/1/2021).

Bukan hanya itu rumah dan sarana prasarana umum, tempat relokasi bagi warga terdampak bencana pun turut diantisipasi.”Meski kami bukan bagian dari Satgas Siaga Bencana, tapi kami siap membantu untuk turut berpartisipasi di dalam penanganan bencana. Termasuk penyediaan rumah tinggal sementara berupa tenda atau perlengkapan logistik lainnya,” ungkap Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung.***[gus]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close