Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale BandungPemprov Ambil Alih 2 Terminal di Kab Bandung

Pemprov Ambil Alih 2 Terminal di Kab Bandung

ilustrasi/net
Pertigaan Terminal Cileunyi

SOREANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung akan menyerahkan pengelolaan dua terminal tipe B kepada Pemprov Jabar. Terminal itu masing-masing adalah Terminal Cileunyi dan Terminal Soreang.

Hal itu sesuai dengan amanat UU No 23 Tahun 2014 tentang pengelolaan terminal tipe B yang selama ini dikelola pemerintah kabupaten/kota, harus diserahkan ke pemerintah provinsi (pemprov). Sedangkan terminal tipe A diambil pemerintah pusat dan terminal tipe C tetap dikelola pemkab/pemkot.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung, Tedi Kusdiana mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus menyelesaikan Penyerahan Pemindahan Personil, Aset dan Dokumen (P3AD), sebelum dilakukan verifikasi oleh tim khusus Dishub Jawa Barat. Dirinya menyebutkan jika pendataan untuk proses Penyerahan Pemindahan Personel, Aset dan Dokumen (P3AD) terminal tipe B akan tuntas pada akhir Maret 2016.

“Di Kabupaten Bandung hanya ada dua terminal tipe B yang rencananya akan diserahkan ke Pemprov Jabar yaitu Terminal Soreang dan Cileunyi. Sebab untuk terminal lainnya masuk kategori terminal tipe C,” sebut Tedi, Rabu (9/3/16).

Tedi menjelaskan untuk Terminal Cileunyi saat ini lahannya merupakan milik Desa Cileunyi Wetan. Pihaknya selama ini menyewa lahan tersebut kepada pihak desa dan pada Maret 2015 lalu kontraknya sudah habis.

Untuk itu, kata dia, Pemkab Bandung sudah menyiapkan lahan penggantinya. Terminal Cileunyi rencananya akan dipindahkan di sekitar kawasan Pasar Sehat Cileunyi yang tidak jauh dari lokasi terminal sebelumnya.  “Lokasi penggantinya masih di kawasan itu dan tidak jauh dari terminal sebelumnya,” kata Tedi. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI