Bale Kab Bandung

HUT ke-47, PDI Perjuangan Kab Bandung Gelar Apresiasi Seni Budaya

Tekankan Pentingnya Riset dan Inovasi di Era Industri 4.0

BALEENDAH, Balebandung.com – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung menggelar Apresiasi Budaya dan Saresehan yang menampilkan berbagai pertunjukan kesenian. Seni yang ditampilkan di Aula Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kab Bandung pada Jumat (10/1/20) itu antara lain seni bela diri pencak silat, kacapi suling, seni longser, dan tari jaipongan.

“Acaraya terbuka untuk umum mulai siang sampai sore. Kami menggelar apresiasi budaya dan saresehan ini dalam rangka tasyakur binikmat Hari Ulang Tahun ke-47 PDI Perjuangan,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Harjoko Sangganagara dalam rilisnya, Minggu (12/1/20).

Harjoko menjelaskan tema HUT ke–47 PDI Perjuangan kali ini “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional”. Menurutnya, perjalanan bangsa Indonesia sudah masuk era industri 4.0 yang ditandai dengan internet of things (IOT), Big Data, Percetakan 3D, Artificial Inteligence (A.I), kendaraan tanpa pengemudi, rekayasa genetika, robot dan mesin pintar.

Menurut Harjoko, satu modal yang masih menjadi tumpuan adalah kita masih memiliki tanah yang dapat diproduktifkan menjadi sumber energi yang efektif dan efisien.  Pola pertanian lama di mana luas lahan menjadi indikator hasil yang banyah sudah harus ditinggalkan.

“Disinilah riset menjadi penting, inovasi menjadi keniscayaan. Karena tanpa semua itu, pertanian pola lama tidak akan membantu perkembangan ke arah yang ramah industr 4.0,” ungkapnya.

Harjoko menyatakan momentum ulang tahun PDI Perjuangan yang ke-47 menjadi tonggak evaluasi atas gagasan untuk solid bergerak wujudkan Indonesia negara industri berbasis riset dan inovasi nasional.

Gotong royong selalu dinamis dan meminta keselarasan dengan kondisi mutakhir dalam implementasinya. Dalam kondisi seperti inilah gagasan riset dan inovasi harus menjadi mesin penggerak untuk menekan dampak negatif yang akan timbul dari pergerseran masyarakat yang makin hari makin dinamis, seiring dengan revolusi industry 4.0 di mana salah satu motornya penggerak utamanya adalah  internet of things (IOT) atau bahasa gambangnya semua terhubung dengan internet.

Harjoko menambahkan segenap kader PDI Perjuangan Kab Bandung mengucapkan selamat ulang tahun PDI Perjuangan yang ke-47. “PDI Perjuangan berharap kepada segenap kader bangsa untuk terus bergotong royong sesuai dengan kemampuannya, karena gotong royong memberikan ruang yang lebar bagi siapa saja untuk berinovasi,” pungkasnya. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close