Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale JabarJalan Tol Cisumdawu Terkendala Lahan

Jalan Tol Cisumdawu Terkendala Lahan

ilustrasi jalan tol
ilustrasi jalan tol

BANDUNG – Pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan masih terkendala proses pembebasan lahan, karena terbatasnya anggaran dan persoalan administrasi.

Pada pembangunan seksi I dan II misalnya, masih ada tanah wakaf dan tanah kas desa yang belum selesai proses pembebasannya. Saat ini masih menunggu administrasi pembebasan kedua lahan tersebut.

“Untuk tanah wakaf, saat ini prosesnya tengah di Kementrian Agama. Sampai saat ini izinnya belum selesai,” ungkap Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, Selasa (12/4/16).

Iwa mengakui ada beberapa kendala yang harus mendapat penanganan instensif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di seksi I tinggal 6,6% lahan yang belum dibebaskan dan seksi II tinggal 18,88%., “Tiga lagi tanah wakaf di fase II. Ini beberapa kendala di lapangan yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Menurutnya proses pembebasan lahan ini harus dipercepat untuk memerlancar pembangunan jalan tol tersebut. Terlebih lahan yang belum berhasil dibebaskan ini akan digunakan untuk pembangunan konstruksi jalan.

“Sehingga ketiga lokasi yang memang betul-betul harus selesai karena ini di badan jalan. Dengan demikian perlu dipercepat,” kata sekda.

Pada bulan ini, pihaknya berjanji akan melakukan akselerasi demi memercepat proses pembangunan. “Tanah wakaf kami sudah ketemu Bapak Menteri (Agama Lukman Hakim). Pak Menteri akan mendorong percepatannya, mudah-mudahan selesai,”kata dia.

Disinggung adanya penghuni lahan yang belum mau direlokasi, Iwa mengaku, akan menjalin komunikasi dengan pihak terkaitm Jika diperlukan akan melakukan upaya paksa. “Semoga tida perlu konsinyasi. Semua akan dituntaskan,” ucapnya.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI