Bale Kab BandungPamong

Kab Bandung Catat 76 Kasus Kekerasan Anak

uupa-kekerasan-terhadap-anakSOREANG – Sepanjang Januari hingga September 2016, kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Bandung tercatat 76 kasus yang masuk ke dalam laporan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKPP) Kab Bandung. Data tersebut kemungkinan masih bisa bertambah hingga penghujung 2016.

“Kasus kekerasan terhadap anak banyak. Bahkan bisa saya sebut terus meningkat,” kata Haslili Lindayani, Kepala Bidang Perlindungan Anak BKBPP Kab Bandung, Kamis (29/9/16).

Lindayani menyebutkan bentuk kekerasan terhadap anak paling banyak dalam bentuk pelecehan seksual dan kekerasan fisik, seperti penganiayaan dan penelantaran anak. Kasus seperti ini banyak terjadi di lingkungan keluarga dan sekolah.

Linda bilang kasus kekerasan terhadap anak tersebar di berbagai tempat seperti di wilayah Kecamatan Soreang dan Ciwidey dan saat ini sedang ditangani kasus kekerasan anak di Kec Solokanjeruk.

“Kasus kekerasan terhadap anak seperti pencabulan memiliki beragam motif. Karena ada kasus pedofil dari dewasa terhadap anak dan antara anak-anak,” ujarnya.

Linda menambahkan upaya pencegahan kekerasan terhadap anak terus dilakukan dengan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di tingkat kecamatan, desa hingga RW di Kab Bandung.

Menurutnya, upaya yang dilakukan terus mengalami perkembangan yang bagus. Kesadaran masyarakat untuk mengurangi resiko dan melaporkan tindak kekerasan terhadap anak semakin meningkat.

Saat ini, kata Lindayani, di setiap desa dan kecamatan terdapat beberapa RW yang masuk katagori ramah anak. Sementara sosialisasi yang dilakukan ke sekolah sudah berlangsung kepada 80 sekolah di Kabupaten Bandung. Bahkan sudah dibentuk forum anak daerah untuk sosialisasi pencegahan kekerasan.

Namun menurutnya, anggaran untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan kekerasan terhadap anak terbilang masih minim. Meskipun anggaran pada APBD 2016 meningkat dari 2015 dari Rp 450 juta menjadi Rp 1 miliar.

“Kami sudah hearing dengan DPRD terkait anggaran yang minim. Bahkan saat ini dana Rp 1 miliar dilakukan efisiensi walaupun tetap untuk sosialisasi pencegahan,” ungkapnya.

Sedangkan jumlah pengaduan yang masuk ke Polres Bandung pada 2015 tercatat 125 kasus pelecehan seksual terhadap anak.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close