Bale Kab Bandung

Kejari Bale Bandung Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi Lahan Perkantoran KBB

Lahan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat. by iwa/bbcom

BALEENDAH, Balebandung.com – Kejaksaan Negeri Bale Bandung menahan dua tersangka kasus korupsi pengadaan lahan Komplek Perkantoran Kabupaten Bandung Barat. Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Bale Bandung, Amriansyah mengatakan, kedua tersangka berinisial ER, mantan Kabag Umum Setda Pemkab Bandung Barat dan AW, ASN BPN Kabupaten Bandung sudah ditahan Kejari Bale Bandung sejak pekan lalu.

Amriansyah menuturkan, pengadaan lahan untuk perkantoran Pemkab Bandung Barat seluas 19,53 hektare itu menggunakan APBD Kabupaten Bandung Barat tahun 2009 sebesar Rp 13,6 miliar.

“Pada prosesnya, ada perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara senilai Rp 2 miliar,” ungkap Amriansyah kepada wartawan, Rabu (10/6/2020). Kedua tersangka dijerat Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Jadi perbuatan melawan hukumnya ini kedua tersangka, bersama tersangka lainnya dalam berkas terpisah, diduga melakukan penggelembungan harga lahan untuk Kantor Pemkab Bandung Barat. Pembelian lahannya kemahalan, sehingga negara rugi Rp 2 miliar lebih,” jelas Kasi Pidsus.

Saat ini, kedua tersangka ditahan di Rutan Kebonwaru Bandung untuk kepentingan penuntutan di jaksa penuntut umum. “Jaksa menahan dua tersangka ER dan AW selama 20 hari ke depan. Dalam minggu ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung,” kata Amriansyah.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close