Bale Kab BandungHankam

Kenalin Nih, Dua ‘Kartini Milenial’ dari TNI AU

Serda Eva Amalia dan Serda Tiara Devi. ist by Dani

MARGAHAYU, Balebandung.com – Selalu saja ada cerita hebat bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April ini. Nah, dua anggota TNI AU ini layak juga dapat julukan ‘Kartini di era Milenial’.

Serda Tiara Devi dan Serda Eva B Amalia, adalah dua orang sosok perempuan muda kaum milenial yang tangguh, berani dan memiliki jiwa ksatria. Keduanya takkan gentar membela dan mempertahankan tanah airnya Indonesia.

Keduanya adalah personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU). Kedua perempuan ini tak mau kalah dengan kaum pria. Selepas SMA, Tiara dan Eva memutuskan bergabung dengan TNI AU sebagai anggota Wanita Angkatan Udara (Wara).

“Saya masuk TNI AU atas keinginan sendiri. Kami ingin membuktikan diri jika perempuan bisa sejajar dengan pria dalam hal tanggungjawab bela negara,” kata Tiara di sela Air Force Expo TNI AU Lanud Sulaiman, di Kecamatan Margahayu, Minggu (21/4/19).

“Apalagi jaman modern seperti sekarang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin canggih, semua orang harus memiliki kemampuan tanpa melihat jenis kelamin. Kita sebagai kaum milenial juga harus tampil paling depan sebagai pembela bangsa dan negara,” sambungnya.

Dikatakan Tiara, gemerlap kehidupan modern saat ini, tentu saja cukup menyilaukan semua orang. Apalagi perempuan muda seperti mereka berdua, yang sangat rentan terjerumus pada sisi gelap modernisasi yang sangat jauh dari nilai nilai kebangsan. Sebagai penerus RA Kartini, wanita Indonesia tidak boleh lemah dan harus bekerja keras, giat belajar dan bekerja.

“Era milenial seperti sekarang itu jangan bikin kita jadi lemah dan cuma duduk manis saja dimanjakan teknologi digital. Jangan sampai ketika sadar kita sudah ketinggalan dan kalah sama bangsa lain. Perempuan Indonesia harus menjadi RA Kartini milenial yang punya hak dan tanggungjawab sejajar dengan kaum pria,” ujar gadis asal Sleman Jogjakarta itu penuh semangat.

Hal senada dikatakan Serda Eva B Amalia. Serda Eva bilang, sebagai perempuan di era milenial tentunya memiliki tantangan zaman berbeda dengan generasi sebelumnya. Tentunya tantangan jaman yang semakin berat dan komplek. Kerja keras dan semangat pantang menyerah menjadi hal yang mutlak dilakukan oleh semua orang, termasuk kaum perempuan.

“Kita sebagai perempuan Indonesia, mewarisi semangat dan cita cita mulia dari RA Kartini. Jangan sampai niat luhur yang gigih diperjuangkan oleh beliau itu hancur sia sia. Wanita Indonesia harus tangguh, kuat dan profesional dibidangnya masing masing,” kata perempuan asal Jakarta itu.

Tiara dan Eva adalah anggota Wara TNI AU dari Kesatuan Sekolah Bahasa Inggris dan Teknik (Stadik) 201. Mereka adalah dua orang dari sekian banyak anggota Sekolah Masuk Bintara (Smaba) angkatan ke 43 tahun 2018 dan lulus tahun 2019.

“Kami dari Stadik 201, kalau sudah lulus nanti diarahkan lagi ke tiga jurusan. Yakni jurusan Elektronika, Teknik dan Pembekalan. Kalau keinginan atau cita cita, kami ingin menjadi perwira di TNI AU. Karena kami merasa memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaum pria, kita juga perempuan bisa mempunyai karier militer yang bagus seperti pria,” kata Eva. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close