Bale Kab Bandung

Komisi A Ajukan Anggaran Pilkades Naik

Ketua Komisi A DPRD Kab Bandung Erwin Gunawan

SOREANG, Balebandung.com – Komisi A DPRD Kabupaten Bandung berencana mengajukan kenaikan anggaran Pemilihan Kepala Desa pada APBD 2020, untuk Pilkades 2021 mendatang.

Ketua Komisi A DPRD Kab Bandung Erwin Gunawan beralasan, kenaikan tersebut perlu dilakukan mengingat dari hasil Pilkades Serentak 2019 keterbatasan anggaran kerap jadi kendala dalam kelancaran tahapan pilkades.

“Kita evaluasi dari Pilkades Serentak kemarin, saat ke lapangan kita mendapatkan banyak masukan dari Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) khususnya, bahwa anggaran menjadi kendala dalam proses kelancaran tahapan pilkades,” ungkap Erwin kepada wartawan ditemui di DPRD Kab Bandung, Senin (28/10/19).

Menurut Erwin, anggaran pilkades akan dinaikan dari yang tadinya Rp 10.000 per hak pilih menjadi Rp 20.000 per hak pilih. “Kita lihat kemampuan anggaran apa bisa dinaikan menjadi Rp 15 ribu per hak pilih, lebih optimal lebih bagus menjadi Rp 20 ribu per hak pilih,” jelas anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Erwin juga mengatakan secara umum Pilkades Serentak 26 Oktober 2019 berlangsung aman dan kondusif. Kendati ada saja sedikit ricuh akibat ketidakpuasan para pendukung calon kades yang kalah.

“Wajar kalau ada salah satu pihak yang kecewa dengan hasilnya. Begitu juga kami mengimbau agar pendukung kades terpilih jangan terlalu euforia dalam merayakan kemenangan kadesnya,” kata dia.

Komisis A, imbuh Erwin, siap menampung aspirasi masyarakat jika memang ada hal yang ingin disampaikan ke dewan. “Tentunya harus sesuai ranah kami juga apa yang disampaikan, kita siap untuk beruadiensi,” pungkas Erwin.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close