Bale Kab Bandung

Luthfi Hafiyyan Bersama Komunitas ABCD Beri Bantuan Pesantren Terendam Banjir

Anggota DPRD Kab Bandung M Luthfi Hafiyyan saat meninjau lokasi banjir banjir di Kp. Leuwiliang RT 04/RW 06 Desa Tanjunwangi Kec Cicalengka Kab Bandung, Senin (9/3/20). by iwa/bbcom

CICALENGKA, Balebandung.com – Anggota DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan meninjau lokasi banjir banjir di Kp. Leuwiliang RT 04/RW 06 Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Senin (9/3/20).

Bersama Komunitas Aliansi Bandung Cinta Damai (ABCD), Luthfi juga memberikan bantuan bagi warga terdampak banjir, bertempat di Pesantren Nurul Rohman, yang bangunannya turut terendam banjir setinggi satu meter pada Senin (2/3/20) lalu.

“Saya bersama Komunitas ABCD merasa prihatin atas musibah banjir warga Kampung Leuwiliang ini. Karena itu kami ingin berbagi dengan memberikan bantuan untuk meringankan beban bagi warga terdampak banjir,” ucap Luthfi.

Sebagai anggota DPRD Kabupaten Bandung Dapil IV yang mencakup Kecamatan Cicalengka, Luthfi merasa punya kewajiban moral untuk turut membantu warga terdampak banjir terkait bantuan apa yang mereka butuhkan.

Komunitas ABCD pun memberi bantuan paket sembako, Al Quran dan perlengkapan ibadah lainnya seperti karpet, sajadah, sarung dan mukena, juga sejumlah uang tunai.

“Apalagi saat ini saya didampingi rekan-rekan dari Komunitas ABCD yang berinisiatif memberikan bantuan secara langsung, meski lokasi Kampung Leuwiliang ini cukup jauh ke pelosok, mereka tetap menyalurkan bantuannya. Selaku anggota dewan saya sangat mengapresiasi bantuan dari Komunitas ABCD ini,” kata Luthfi.

Menurutnya Kampung Leuwiliang ini merupakan titik terparah terendam banjir, selain di titik lainnya seperti di Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka. Sebelumnya Luthfi sendiri sudah meninjau dan memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Panenjoan.

“Pesantren Nurul Rohman ini sangat membutuhkan perlengkapan masjid, karena sebelumnya sudah terendam banjir, banyak Alquran yang basah bahkan ikut hanyut terbawa arus banjir. Selain itu bantuan juga diberikan berupa perlengkapan ibadah lainnya seperti karpet, sarung dan mukena,” kata anggota DPRD Kabupaten Bandung Fraksi PDI Perjuangan ini.

Pimpinan Ponpes Nurrohman, Ust. Hamdani mengucapkan terima kasih kepada Komunitas ABCD dan anggota DPRD Kabupaten Bandung Luthfi yang memberi bantuan berupa peralatan ibadah dan perlengkapan masjid.

Menurutnya bantuan tersebut sangat dibutuhkan pasca banjir yang merendam Leuwiliang. “Alhamdulillah, Insyaallah bantuan ini sangat bermanfaat bagi aktivitas di pesantren,” ucap Hamdani.

Banjir bandang menerjang Kampung Leuwiliang RW 06-07 pada Senin (2/3/30) lalu dipicu hujan deras di wilayah Gunung Karembi di Kabupaten Sumedang.

Menurut catatan BPBD Kabupaten Bandung, banjir tersebut mengakibatkan 30 kepala keluarga di 30 rumah terendam banjir dengan tinggi genangan 30-150 cm.

Banjir bandang di Leuwiliang juga menyebabkan satu unit rumah tergerus dan satu rumah lainnya terancam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close