Bale Kab Bandung

Luthfi Hafiyyan: “Infrastruktur Curug Cinulang Butuh Penanganan Serius”

Jalur Wisata Curug Cinulang Ditutup Sementara

Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PDI Perjuangan M Luthfi Hafiyyan bersama para pekerja jalan, saat meninjau perbaikan dan pelebaran Jalan Dampit yang menjadi akses menuju obyek wisata Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi Kec Cicalengka, Sabtu (31/8/19).

CICALENGKA, Balebandung.com – Anggota DPRD Kabupaten Bandung M Luthfi Hafiyyan meninjau perbaikan dan pelebaran Jalan Dampit yang menjadi akses menuju obyek wisata Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka, Sabtu (31/8/19).

Untuk sementara sejak 26 Agustus lalu Jalan Dampit ditutup total dan dialihkan ke Jalan Pasir Nanjung ke arah Cimanggung-Parakan Muncang. Menurut Luthfi, perbaikan dan pelebaran Jalan Dampit perlu dilakukan sebagai upaya revitalisasi objek wisata Curug Cinulang.

“Saya selaku anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Dapil Empat sedang meninjau sudah sejauhmana progres perbaikan dan pelebaran akses jalan menuju obyek wisata Curug Cinulang ini. Ternyata perbaikannya baru sampai Kampung Cicadas dari Curug Cinulang,” jelas Upi, sapaan Luthfi kepada Balebandung.com.

Lebih dari itu dari peninjauannya, imbuh Upi, di bawah Jalan Dampit tersebut juga dibuat tembok penahan tanah (TPT), guna menekan terjadinya longsor seperti yang terjadi pada 21 Juni 2018.

Luthfi mengatakan perbaikan jalan ini merupakan realisasi Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Rippda) yang membawa konsekuensi pada pembenahan sejumlah obyek wisata, termasuk pembenahan Curug Cinulang.

“Infrastruktur Curug Cinulang memang butuh penanganan serius, salah satunya terkait perbaikan akses menuju Curug Cinulang itu, selain sarana parkir yang lebih representatif,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan Kab Bandung ini.

Menurutnya saat ini Jalan Dampit tengah dilakukan pengecoran rabat beton jalan sepanjang 5 kilometer. “Mulai dari titik jembatan Kampung Cicadas Desa Tanjungwangi sampai Desa Dampit Kecamatan Cicalengka, saat ini sedang dalam tahap pengecoran. Lebar jalan juga ditambah dari yang tadinya 4 meter jadi 5 meter,” papar Upi.

Lebih lanjut ia menerangkan pelebaran jalan tersebut merupakan program pemerintah pusat, hasil pengajuan dan perencanaan di tahun 2017 silam, sehingga terealisasi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019, dengan tender untuk pelaksanaan realisasi DAK, dimenangkan oleh PT Adicipta.

“Semoga bisa mempermudah akses jalur untuk meningkatkan sarana infrastruktur serta memperlancar perekonomian di wilayah Desa Tanjungwangi, khususnya untuk obyek wisata Curug Cinulang,” ucap Upi.

Ia menambahkan, harapan masyarakat ke depan, dengan dibangunnya jalan tersebut bisa menghubungkan jalan akses Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Sumedang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close