Bale Kab Bandung

Masa Tenang Pilkades, Luthfi Ingatkan Soal Politik Uang

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung M Luthfi Hafiyyan saat supervisi Pilkades Serentak di Aula Kec Cicalengka, Jumat (25/10/19).

CICALENGKA, Balebandung.com – Masa tenang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung diprediksi masih rawan dengan politik uang. Masa tenang berlaku mulai dari 23 – 25 Oktober, usai masa kampanye pada 20-22 Oktober 2019.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyyan tak menampik dan miliki keyakinan, praktik politik uang dalam pilkades masih akan terjadi. Bahkan menurutnya apa yang dilihatnya, hal itu terjadi secara masif, namun sulit untuk dibuktikan.

“Masa tenang, biasanya ada istilah serangan fajar, dari tim sukses calon kepala desa. Fajar itu kan, dini hari sampai subuh, tetapi faktanya habis ashar juga sudah ada yang jalan,” ungkap Luthfi, saat monitoring kesiapan dan pembekalan panitia Pilkades Serentak di Aula Kecamatan Cicalengka, Kamis (24/10/19).

Monitoring dilakukan para anggota dewan dari Dapil IV ini dilaksanakan selama empat hari berturut-turut antara lain di Aula Kantor Kecamatan Nagreg, Aula Desa Ganjarsabar dan Aula Desa Bojong Kecamatan Nagreg, Aula Kantor Kecamatan Cicalengka, Aula Kantor Kecamatan Cikancung, dan Aula Kecamatan Rancaekek.

Luthfi mengatakan, Pilkades sejatinya menjadi ujung tombak dalam pendidikan demokrasi. “Namun sayangnya, proses politik Pilkades masih diwarnai politik uang. Pengawasan di tingkat panitia pikades dan pengawas juga dianggap masih sangat lemah,” kata dia.

Luthfi menambahkan, meski pada Perbup Nomor 9 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pilkades, mengatur calon kades dilarang memberikan uang atau benda apapun untuk mempengaruhi pemilih.

Namun, pasal ini tidak bisa menjangkau tim sukses atau calon yang melakukan money politik di saat sebelum kampanye dan masa tenang. Selain itu, regulasi Pilkades juga tidak sampai memberikan sanksi tegas seperti pembatalan calon yang kedapatan melakukan praktek uang.

Seperti diketahui dari 270 Desa tersebar di 31 kecamatan di Kab Bandung, sebanyak 199 desa melaksanakan Pilkades Serentak pada Sabtu besok (26/10/19). Luthfi mengimbau agar selurah masyarakat mensukseskan Pilkades Serentak ini dan menggunakan hak pilihnya dengan baik. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close