Bale Kab Bandung

Nih, Jawaban Bupati Bandung Soal Perbaikan Jalan Inspeksi BBWS

SOREANG, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Naser meminta agar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum segera memperbaiki ruas-ruas alan inspeksi yang rusak di sepanjang daerah aliran sungai Citarum, khususnya di wilayah Kabupaten Bandung. Meski BBWS Citarum berkilah perbaikan jalan rusak bukan merupakan program prioritasnya, namun menurut bupati permintaan warga untuk perbaikan jalan sebaiknya diakomodir.

“Jalan inspeksi itu kan kewenangan BBWS, jadi BBWS yang bertanggungjawab. Jangan dibebankan ke kita (Pemkab Bandung). Kalau memang ada aspirasi warga ingin jalan inspeksi diperbaiki, sebaiknya diakomodir. Kan, tidak ada ruginya juga buat BBWS kalau diperbaiki,” ungkap bupati kepada Balebandung.com, Jumat (5/7/19).

Ditanya soal diserahterimakan aset jalan inspeksi, Dadang pun berkilah hal itu berat untuk dilakukan karena jalan inspeksi harus berurusan dengan pemerintah pusat. Ia pun menegaskan untuk perbaikan jalan tersebut tidak bisa menggunakan dana APBD sebab bukan jalan milik pemda.

“Mungkin bisa saja perbaikan jalan inspeksi itu bisa didanai dari dana desa karena kan dana desa dari pemerintah pusat juga. Tinggal dicari dari pos mana alokasinya dari dana desa. Kalau ada, nantinya harus dibuatkan MoU dulu, dikoordinasikan dengan BBWS dan pemerintah pusat,” pungkas Dadang.

Diberitakan sebelumnya, BBWS Citarum mengaku perbaikan jalan inspkesi bukan merupakan program prioritas dari BBWS. Jalan inspeksi otu pun bukan diperuntukan bagi permukiman.

Pejabat Pembuat Komitmen Pendayagunaan Air Tanah BBWS Citarum Bagus Adi Rahmadi, ST.MT menyatakan yang terpenting untuk saat ini pihaknya menargetkan pembangunan jalan inspeksi itu bisa dilalui alat berat seperti jalan untuk dilewati dump truck, dan bukan untuk permukiman.

“Yang jadi masalah itu masyarakat menggunakan jalan itu untuk akses permukiman. Sehingga seharusnya kalau memang ingin dipergunakan untuk permukiman ya masyarakat bisa swadaya untuk perbaikannya, atau bisa juga mengajukan lewat APBD Kabupaten Bandung, asal berkordinasi dengan kami,” jelas Adi. ***

Jalan Inspeksi BBWS Bukan untuk Permukiman

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close