Bale Kab Bandung

Nih, Kata Yena Ma’soem Soal Kepemimpinan Perempuan

Cabup Bandung no urut 2, Yena Iskandar Ma’soem saat diwawancara televisi swasta di Bandung, Kamis (1/10/20). by Dahsyat

BANDUNG, Balebandung.com – Calon Bupati Bandung dari PDI Perjuangan-PAN, Yena Iskandar Ma’soem kerap ditanyai soal kepemimpinan perempuan di Kabupaten Bandung.

Yena sendiri menanggapi pertanyaan ini dengan santai. Menurutnya kepemimpinan perempuan di mana pun sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat sudah banyak daerah bahkan negara yang dimpimpin oleh kaum perempuan.

“Termasuk di Pilkada Kabupaten Bandung ini, baik kaum laki-laki maupun perempuan punya hak dan kesempatan yang sama. Bahkan di Kabupaten Bandung ini merupakan sejarah di Pilkada tahun 2020 ini ada perempuan yang pertama kali mencalonkan dirinya sebagai calon Bupati Bandung,” ungkap Yena saat diwawancara di Bandung, Kamis (1/9/20).

Yena sendiri merupakan calon Bupati Bandung perempuan yang mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bandung. “Jadi, bagi masyarakat Kabupaten Bandung sendiri ada hal yang baru di Pilkada kali ini karena ada calon pemimpin Kabupaten Bandung dari kalangan perempuan,” ujarnya.

Demikian pula dari hasil survey, lanjut Yena, hasil menunjukkan kepemimpinan perempuan tidak mengalami resistensi yang signifikan. “Hasil survei juga angkanya menunjukkan di atas 70 persen masyarakat bersedia dipimpin oleh seorang perempuan,” ungkapnya.

Yang penting, tandas Yena, kapasitas seorang pemimpin dinilai dari pengalaman, kualitas, dan kompetensinya untuk mampu memperbaiki daerahnya menjadi lebih baik lagi.

“Apalagi saat ini jumlah perempuan di Kabupaten Bandung lebih banyak dari laki-laki, maka menurutnya harus ada pemimpin perempuan yang bisa mewakili suara mereka,” kata dia.

Yena yang merupakan putri dari tokoh Jawa Barat Nanang Iskandar Ma’soem ini mengaku dirnya berani mencalonkan diri sebagai Bupati Bandung karena ia sendiri lahir dan dibesarkan di Kabupaten Bandung.

“Saya lahir dan besar di Kabupaten Bandung. Sejak kecil saya juga banyak aktif di organisasi sekolah, sampai akhirnya keluarga besar Ma’soem mendukung saya dalam pencalonan Bupati Bandung ini,” ungkapnya.

Bersama pendampingnya, Atep, ia ingin melakukan perubahan yang lebih baik lagi di Kabupaten Bandung, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan daya beli. “Harapan kami bisa mewujudkan Kabupaten Bandung Dahsyat, yang artinya dinamis, agamis, harmonis dan sejahterakan rakyat (Dahsyat),” ucap Yena Iskandar Ma’soem. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close