Bale Kab Bandung

Orbituari ; 27 Tahun Silam Bersama Itoch Tochija

Mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija

by Harjoko Sangganagara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung

Balebandung.com – Bapak Itoch Tochija, mantan Walikota Cimahi meninggal dunia Sabtu 14 September 2019 pukul 12.45 WIB di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Kenangan saya berkelana ke sekitar 27 tahun yang lalu.

Pak Itoch saya kenal pertama kali sekitar tahun 1992-1997. Saat itu beliau menjadi Kadis PU Kabupaten Bandung. Saat itu Kabupaten Bandung dipimpin oleh Bpk Kolonel U. Hatta Djatipermana sebagai Bupati. Adapun Ketua DPRD nya adalah Kolonel Cholil.

Kami berkenalan secara formal dalam hubungan antara eksekutif dan legislatif. Beliau sebagai Kepala Dinas dan saya sebagai anggota DPRD. Setelah itu kami bertemu lagi sekitar tahun 1999- 2000. Saat itu Pak Itoch berkunjung ke rumah saya diantar Pak Nandang Harun ketua KPUD. Begini ceritanya.

Sekitar tahun 2000, saya selaku Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung (Ketuanya adalah Pak Yadi Srimulyadi) didorong oleh Pak Aa Umbara (Bupati KBB) untuk maju mencalonkan jadi Bupati /Wakil Bupati.

Saat itu beberapa kawan khususnya dari kalangan pengusaha meminta saya berpasangan dengan Pak Obar Sobarna (Golkar) tapi teman-teman di partai lebih mendorong saya untuk berpasangan dengan Pak Use Sudrajat (Sekda Kabupaten Bandung). Konfercabsus partai merekomendasi Obar Sobarna (Golkar)-Eliyadi (PDI Perjuangan).

Ketika itu Mayor Suko dari Sospoldim ke rumah saya menghitung kekuatan saya di Fraksi, karena Bupati/Wakil masih dipilih anggota DPRD.

Mengetahui saya tidak direkomendasi oleh Konfercabsus partai, Pak Itoch datang ke rumah dengan maksud meminta bantuan saya agar saya mendorong para anggota Fraksi PDI Perjuangan mengalihkan suara pada beliau. Tentu tidak mudah bagi saya untuk melakukan itu.

Karena itu Pak Obar meraih suara mayoritas di DPRD disusul Pak Use yang berpasangan dengan Ustad Qomusudin dari PPP dan di posisi terakhir adalah Pak Itoch. Saya mendapat informasi memang ada sekitar tiga orang Fraksi PDI Perjuangan yang memilihnya.

Belakangan kami masih bertemu beberapa kali mulai saat Pak Itoch menjadi Sekda di Bogor hingga saat pelepasan Cimahi menjadi Kota. Pak Itoch bahkan sempat menjadi Walikota Cimahi dua periode. Setelah Pak Itoch, Nyonya Itoch melanjutkannya didampingi Pak Sudiarto, teman lama saat di DPRD Kabupaten Bandung.

Saat ibu mertua Pak Itoch wafat (ibu mertua Pak Itoch adalah istri Kolonel Masturi, Walikota Cimahi), saya ikut mengantar ke peristirahatan terakhir di Kab Garut.

Di pintu tol Buahbatu rombongan iring-iringan pengantar jenazah sempat berhenti sebentar. Ternyata Pak Obar Sobarna selaku Bupati Bandung ikut memberi penghormatan. Saya pun sempat berbincang sebentar dengan beliau. Bagaimanapun saya sempat menjadi mitra kerja beliau di DPRD. Saat itu saya sebagai Ketua Fraksi PDI dan Pak Obar anggota Fraksi ABRI.

Semoga Pak Itoch mendapat tempat yang terbaik di sisiNya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close