Bale Kab Bandung

PDI Perjuangan Siapkan Gerakan Tanam Pohon Nasional 222

Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono menanam pohon saat Hajat Lembur di Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Senin (23/12/19).

PASIRJAMBU, Balebandung.com – Dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember dan rangkaian Hari Ulanng Tahun PDI Perjuangan ke-47, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar Hajat Lembur bersama Rakyat di Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Senin (23/12/19).

Dalam Hajat Lembur ini ditampilkan berbagai kesenian tradisional sunda dan atraksi pencak silat, dengan acara pokok penyerahan 500 bibit pohon yang dibagikan kepada masyarakat setempat untuk ditanam khususnya kepada ibu dan anak.

Ketua DPD PDI Perjuangan Ono Surono menjelaskan kegiatan tanam pohon ini merupakan kegiatan awal dalam gerakan tanam pohon PDI Perjuangan yang puncaknya akan digelar secara nasional pada 2 Februari 2020 (222).

“Kegiatan tanam pohon ini merupakan awal yang nanti puncaknya akan dilaksanakan tanggal 2 Februari 2020 di Kabupaten Bandung. Di situ kita akan buat atau launching program “Leuweung Pajajaran” merupakan hutan yang ditanami 89 pohon endemik asli dari Jawa Barat,” kata Ono kepada wartawan di sela kegiatan.

Dalam launchihng “Leuweung Pajajaran” itu, imbuh Ono, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon secara massif di tiap kabupaten/kota yang terlintasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum, di mana setiap DPC, PAC, dan ranting PDI Perjuangan akan menanam pohon bersama, termasuk menjaga lingkungan dengan membersihkan setiap sungai dan got.

Ono menilai selama ini pemerintah belum optimal melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan salah satunya dalam Program Citarum Harum.

“Sehingga PDI Perjuangan sebagai partai pemenang dan partai pelopor menilai perlu melakukan langkah-langkah riil menginisiasi gerakan tanam pohon ini, yang mudah-mudahan bisa menjadi gerakan rakyat dalam upaya pelestarian lingkungan,” terang Ono kepada wartawan.

Menurutnya gerakan tanam pohon di Hari Ibu ini untuk mengedukasi lebih dini tentang pelestarian lingkungan. “Kita edukasi sejak dini kepada anak-anak dan ibu tentang peananam pohon ini karena ibu peranannya sangat besar, sehingga ke depan lingkungannya terjaga, hutannya lestari,” imbuhnya.

Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar Sofia Yulinar mengakui sebenarnya program “Leuwung Pajajaran” ini tadinya hanya akan diaplikasikan di Kabupaten Bandung. Namun ternyata DPD PDI Perjuangan Jabar sendiri menginginkan diterapkan se-Jawa Barat.

“Dari situ, ternyata program ini mendapat sambutan sangat positif dari Ibu Megawati sehingga beliau menginginkan gerakan tanam pohon secara nasional,” kata Sofia.

Menurutnya sejak program “Leuweung Pajajaran” ini digulirkan, pihaknya sudah menanam sebanyak 3.000 bibit pohon yang tersebar di wilayah Kabupaten Bandung khususnya di hulu DAS Citarum. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close