Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBale BandungPembangunan Pasar Sehat Majalaya Atasi Persoalan Pedagang

Pembangunan Pasar Sehat Majalaya Atasi Persoalan Pedagang

Bupati Bandung Dadang Naser melihat maket Pasar Sehat Majalaya saat groundbreaking Pasar Sehat Sabilulungan Majalaya, Kamis (25/5). by ist
Bupati Bandung Dadang Naser melihat maket Pasar Sehat Majalaya saat groundbreaking Pasar Sehat Sabilulungan Majalaya, Kamis (25/5). by ist

MAJALAYA – Pembangunan Pasar Sehat Majalaya di Jalan Lingkar Majalaya (Jalan Anyar) Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung dinilai jadi solusi untuk penanganan para pedagang yang selama ini ditertibkan di kawasan Kota Majalaya.

Dalam dua hari terakhir ini, Kamis-Jumat (6-7/7/17), jajaran Unit Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Majalaya, Ibun dan Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, menertibkan ratusan pedagang kaki lima yang menempati trotoar dan ruas jalan di kawasan Alun-alun Majalaya dan Pasar Baru Majalaya.

“Dengan adanya pembangunan Pasar Sehat Sabilulungan Majalaya, yang saat ini dalam proses pengerjaan, diharapkan dapat menanggulangi dan menjawab persoalan para pedagang yang ada di kawasan Kota Majalaya,” kata Bagus Hartono General Manager PT Sido Semesta, pengembang Pasar Sehat Majalaya, Jumat (7/7/17).

Menurut Bagus, pembangunan pasar tersebut diharapkan dapat menampung para pedagang yang selama ini ditertibkan Satpol PP. “Termasuk pembangunan pasar ini untuk merelokasi para pedagang yang ada di Pasar Baru Majalaya dan Pasar Stasiun Majalaya,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pembangunan pasar berkonsep pasar tradisional ini bisa jadi daya tarik para pedagang. Untuk itu, semua pedagang yang ada di kedua pasar, termasuk para pedagang kaki lima bisa direlokasi ke lokasi pembangunan pasar tersebut.

“Kami berharap pembangunan pasar ini dapat meningkatkan ekonomi para pedagang. Selain para pedagang juga merasa nyaman dalam melakukan usahanya,” kata dia.

Bagus menambahkan, pembangunan pasar yang merupakan program Pemkab Bandung ini, diharapkan jadi pusat bisnis para pelaku usaha di Kabupaten Bandung, khususnya di Majalaya. “Masyarakat bisa memasarkan berbagai produk hasil pertanian, usaha kecil menengah dan hasil produksi lainnya ke Pasar Sehat Majalay,” kata dia.

Tak hanya itu, imbuh Bagus, keberadaan pasar tersebut dapat mendukung para pelaku usaha yang ada di sekitarnya. Apalagi Majalaya merupakan sentra industri, dengan mayoritas masyarakatnya bekerja di bidang tekstil. “Untuk itu, kami berharap dengan keberadaan pasar ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pedagang,” ucapnya.

Bagus menyebut pihak pengembang pembangunan pasar akan membangun 3.000 kios, lapak dan los di atas lahan seluas 1,3 hektare tersebut dari total luas lahan milik Pemkab Bandung seluas 5 hektare di lokasi tersebut. [adv]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img

TERKINI