Selasa, November 29, 2022
BerandaBale BandungPemerintahan Desa Dampit Manfaatkan Lantai Bangunan Untuk Menanam Sayuran

Pemerintahan Desa Dampit Manfaatkan Lantai Bangunan Untuk Menanam Sayuran

CICALENGKA, balebandung.com – Pemerintah Desa Dampit Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung terlihat kreatif karena memanfaatkan lantai bangunan kantor desa itu untuk menanam berbagai jenis sayuran. Mulai dari sayuran kangkung, burkol hingga sayuran lainnya, yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain sayuran, banyak juga tanaman bunga-bungaan yang ditanam dengan menggunakan pot bunga, maupun polibag plastik. Tanaman sayur-sayuran yang ditanam di lantai bangunan rumah itu, untuk menciptakan ketahanan pangan karena sewaktu-waktu jika tanaman itu sudah besar dan waktunya untuk dipanen bisa langsung dipetik untuk keperluan sehari-hari.

“Kita memanfaatkan lantai bangunan Kantor Desa Dampit untuk menanam sayuran. Jadi sewaktu-waktu tanaman sayuran itu bisa dipanen, dan dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari,” kata Kepala Desa Dampit H. Nanang Setiawan kepada wartawan di sela-sela melihat pertumbuhan tanaman sayuran tersebut di Desa Dampit, Kamis (17/11/2022).

Nanang mengatakan, menanam sayuran di lantai bangunan kantor pada bagian atas bangunan itu, karena tersedia cukup luas lahan yang bisa dimanfaatkan. Sehingga ia bersama aparatur desa lainnya, serta kader PKK dan pihak lainnya memanfaatkan lahan kosong lantai bangunan itu untuk menanam sayuran dengan menggunakan media polibag.

“Menanam sayuran pada media polibag itu untuk menghijaukan lahan, supaya tidak terlihat terlalu panas. Apalagi lahan yang digunakan merupakan lantai atas bangunan kantor desa, sehingga terasa panas disaat siang hari. Dengan adanya penanaman sayuran itu, akan menghijaukan bagian bangunan kantor desa,” kata Nanang.

Ia mengatakan menanam sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong itu, merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat. Sehingga setiap masyarakat yang datang ke kantor desa bisa melihat langsung dan tertarik untuk melakukan hal serupa di sekitar rumahnya.

“Jadi warga bisa memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahnya, untuk menanam sayuran. Mulai dari tanam cabai, kiwi dan tanaman lainnya,” kata Nanang.

Ia mengatakan, menanaman sayuran di pekarangan kantor maupun rumah itu untuk meningkatkan ketahanan pangan. “Jadi warga tidak harus beli sayuran ke warung, cukup dengan memetik sayuran yang sudah waktunya untuk dipanen,” katanya.

Nanang pun mengatakan menanam sayuran tak harus memanfaatkan lahan cukup luas. Lahan sempit juga bisa digunakan untuk menanam sayuran.
“Yang penting kita punya kemauan untuk menanam sayuran,” katanya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI