Bale Kab BandungPamong

Pemkab Bandung Dapat Bantuan 165 Ribu Bibit Kopi

Bupati Bandung Dadang Naser saat penandatangan kerjasama antara Pemkab Bandung dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Soreang, Selasa (24/4/18). by Denni Humas Pemkab Bdg

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung mendapapat bantuan 165 ribu bibit kopi dari Balai Penelitian Tanaman Industri. Penyerahan bibit kopi langsung akan diserahkan kepada Bupati Bandung Dadang M Naser saat acara holtikultura yang akan diselenggarakan Senin (24/9/15) mendatang di Sukabumi.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengungkapkan secara simbolis penyerahan bantuan bibit kopi akan diserahkan kepada Bupati Bandung. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka mendukung program Citarum Harum inisiasi oleh Presiden Joko Widodo.

“Bibit kopi tersebut akan ditanam di Kertasari, Pangalengan dan Pacet yang berada tidak jauh dari aliran sungai Citarum,” jelas Tisna, Kamis (20/9/18). Namun, pihaknya mengaku belum menentukan petani yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

Saat ini pihaknya masih menentukan lahan yang akan ditanami bibit kopi tersebut. Menurutnya, hingga September jumlah bibit pohon yang diterima Kabupaten Bandung mencapai 1.5 juta bibit pohon yang berasal dari APBD, APBN serta bantuan lainnya.

Menurutnya, saat ini luas area tanaman kopi di Kabupaten Bandung mencapai 11 ribu hektar. Sedangkan dalam 5 tahun terakhir, luas tanaman kopi bertambah 1.000 hektar pertahun. Tisna mengatakan pihaknya juga memperoleh benih kentang sebanyak 6 ton dari Badan Penelitian Tanaman dan Sayuran (Balitsa).

“Benih itu akan dibagikan ke dua kelompok tani di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari yaitu Kelompok Tani Malatani dan Gapoktan Mekartani,” ungkapnya.

Tisna menyatakan jumlah tersebut masih sementara. Sebab ke depan pihaknya akan mendapatkan hibah lagi yaitu benih kentang.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close