Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale BandungPeran KB Pria di Masa Pandemi Covid-19

Peran KB Pria di Masa Pandemi Covid-19

SOREANG, Balebandung.com -Sejak lama BKKBN telah menerapkan kesetaraan gender dalam program KB. Dari tahun ke tahun kesetaraan itu dikampanyekan dan bertujuan agar lebih banyak lagi kaum pria berperan dalam program KB, sehingga terjadi kesetaraan dengan kaum perempuan.

Hal itu terungkap dalam Talkshow di Radio Kandaga 100.8 FM, yang membahas tentang “Peran KB Pria di Masa Pandemi Covid-19”, dengan narasumber Drs. Yogi Permadi bersama Hadi Purwoko, SE dari PKB Kecamatan Margahayu.

Dalam KB pria, dengan cara vasektomi yaitu sterilisasi pria disebut juga MOP (Metode Operasi Pria), merupakan operasi yang berperan menutup sperma kanan dan kiri, sehingga cairan mani yang keluar tidak terkandung sperma.

Apakah pria yang sudah melakukan MOP masih bisa menghamili? Jawabannya ya, jika melakukan hubungan suami istri pasca operasi 1-3 bulan masih ada kemungkinan untuk membuahi, karena tingkat keakuratannya 97-98%.

Minat pria Kabupaten Bandung ber-KB dalam masa pandemi Covid-19 cukup tinggi. Meskipun saat ini dunia tengah merasakan masa pandemi Covid-19, Pelayanan KB terus digalakan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar tidak terjadi drop out peserta KB dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Menurut Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bandung H. M Hairun SH., MH, peran KB pria di Kabupaten Bandung masih cukup rendah. Dari tingkat kesertaannya baru mencapai 1 persen.

“Akan tetapi kami sangat mengapresiasi kepada para suami yang mau menjadi akseptor KB pria di masa pandemi ini, ucap Hairun.

Menurutnya, inilah peran suami yang sangat memperhatikan para istri , tidak harus istri saja yang Ber-KB, namun suami juga bisa Ber-KB dan menjadi suri teladan untuk para suami lainnya. ***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI