Bale Kab Bandung

Petani Pangalengan Temukan Bangkai Macan Tutul Masih Segar

PANGALENGAN, Balebandung.com – Seorang petani kopi dari hutan Logawa Pangalengan menemukan bangkai macan tutul yang masih segar di kawasan perkebunan kopi Perhutani KPH Bandung Selatan, BKPH Banjaran RPH Logawa Petak 24 C, sekitar pukul 07.00 WIB, Sabtu (27/7/29).

“Saat ditemukan kondisinya sudah mati, tapi kondisi bangkai masih segar. Belum tau apa penyebab kematiannya soalnya tidak ada bekas luka atau lubang tembakan di tubuhnya,” kata H. Nuri.

Nuri kemudian menghubungi aparat Muspika Pangalengan untuk melaporlan temuan bangkai macan tutul itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat.

“Kami bersama rekan lainnya saat ini masih stanby di lokasi ditemukannya bangkai macan tutul tersebut, dan tetap waspada sebab khawati ada kawanan macan tutul lainya,” pungkas H. Nuri.

Nuri menuturkan kejadian seperti itu bukanlah yang pertama kali. Beberapa tahun lalu petani lainnya menemukan bangkai macan tutul. “Tahun 2003 lalu juga pernah ditemukan bangkainya, berjenis kelamin betina. Kalau ini jantan,” tuturnya.

Ia heran dengan kondisi macan tutul yang sekarang ditemukan dalam kondisi tak terluka dan terlihat utuh. “Dulu (macan betina) ketika ditemukan kondisi bangkainya sudah rusak. Kalau ini masih segar,” tutur Nuri. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close