Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBale BandungPupuk Rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan

Pupuk Rasa Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan

CIKANCUNG,balebandung.com – Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, diwakili Kapolsek Cikancung AKP Carsono,SH., didaulat menjadi pembina upacara dalam pembukaan Lomba Tingkat II (LT II) Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Cikancung Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung di Bumi Perkemahan Sirkuit Gunung Buled (SGB) Kp. Cipulus Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Sabtu (24/9/2022).

Dalam kegiatan upacara yang diikuti Forkopimcam Cikancung Kabupaten Bandung itu, Kwartir Ranting Cikancung mengadakan LT II Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Cikancung bertema “Maju Mandiri Berprestasi”.

Para peserta lomba terdiri dari siswa siswi, SD/MI/SLTP dan MTS se-Kecamatan Cikancung dengan jumlah 800 peserta.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua Mabiran Polsek Cikancung AKP Carsono,SH.
Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam LT II yang dijadwalkan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai pada hari Jum’at-Minggu (23-25/9/2022), dengan berbagai kegiatan di antaranya LKBB (Latihan Keterampilan Baris Berbaris), lomba memasak, hasta karya, api unggun, dan penjelajahan dan lomba lainnya.

Pada pelaksanaan upacara penutupan LT II Hari Minggu (25/9/2022), sekaligus upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022.

“Adanya pelaksanaan kegiatan LT II ini, adalah sebagai media yang tepat, yang mampu memupuk rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi generasi muda,” kata Kapolsek Cikancung, Selaku Ketua Mabiran.

Seperti diketahui, imbuh Carsono, bahwa Pramuka Penggalang adalah usia dimana pola pendidikan karakter akan sangat mudah diterima anak-anak.

“Untuk mencapai suatu kondisi yang ideal tersebut diperlukan peran serta dari berbagai pihak salah satunya adalah para pembina. Para pembina pramuka diharapkan terus berupaya mengaktualisasikan seluruh kompetensinya,” katanya.

“Dengan ktertlibatan para pembina, sehingga mampu menjadikan pramuka kita sebagai generasi muda yang tangguh dan tanggon (bermental baja) dalam menghadapi realitas kehidupan sehari-hari pada era sekarang ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kak Asep Selaku Kwarcab Kabupaten Bandung mengatakan, momentum seperti ini adalah saat-saat yang membahagiakan bagi anak-anak karena anak-anak nanti akan saling bertemu.

“Saling mengenal antara gugus satu dengan gugus yang lain, akan mengenal satu sekolah dengan sekolah yang lain, dan sebagai media untuk mencari teman sebanyak mungkin,” kata Asep.

Menurut Asep, yang lebih penting pesta siaga ini adalah sebagai ajang untuk berkompetisi secara sportif dalam upaya untuk meraih hasil yang maksimal dalam menuju pesta siaga ke tingkat yang lebih tinggi.

“Untuk itu kakak titip pesan dan berharap, kiranya kalian harus bisa tampil lebih disiplin, lebih berani, lebih mandiri dan menjadi suri tauladan bagi lingkungannya. Amalkan pelajaran dan pengalaman yang telah kalian peroleh dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Asep.

Sementara itu, Kwartir Cikancung Adang Romansyah mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian Sektor Cikancung dan Instansi terkait Forkopimcam Cikancung.

“Berharap kegiatan LT II dapat menanamkan dasar jiwa ke Paramukaan guna membangun SDM unggul untuk Indonesia Maju,” harapnya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI