Bale Kab Bandung

PWI Kab Bandung Dirikan Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung

Ketua Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung H. Ayi Purnama

SOREANG, Balebandung,com – Bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional tingkat Jawa Barat di Bale Rame Soreang, Jumat (26/7/19), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung memperkenalkan koperasi yang didirikan para anggotanya.

PWI Kab Bandung kini memiliki lembaga koperasi berbadan hukum. Sebut saja namanya, “Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung”. Koperasi ini dibentuk bertujuan untuk mensejahterakan anggota.

“Alhamdulillah, koperasi yang kita dirikan, sekarang sudah berbadan hukum,” kata Ketua Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung H. Ayi Purnama kepada galamedianews.com di Sekretariat PWI Kab Bandung di Soreang, Jumat (26/7/19).

Legalitas koperasi wartawan ini disahkan melalui Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil, dan Menengah nomor 014078/BH/M.KUKM.2/VH/2019 tentang Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung.

Selain itu, kata Ayi, dalam pendirian koperasi ini tercatat melalui akta notaris Aris Iskandariah, S.H., M.Kn., tertanggal 6 April 2019. Ayi pun mengungkapkan, koperasi ini dibentuk untuk mensejahterakan anggota. Ia mengakui setelah beberapa periode berubah kepengurusan, PWI Kab Bandung belum ada kegiatan koperasi.

“Dan saat ini sudah ada dan terbetuk lembaga koperasi. Ini dalam sejarah, PWI Kabupaten Bandung tahun 2019 memiliki lembaga koperasi. Baru pertama kali dalam kepemimpinan Ketua PWI Kabupaten Bandung H. Rahmat Sudarmaji, anggota PWI memiliki koperasi,” kata Ayi.

Meski baru pertama berdiri, kata Ayi, Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung ini sudah beranggotakan 40 orang. Sedangkan anggota pendiri koperasi ini 20 orang. “Yang jelas, anggota PWI otomatis anggota koperasi,” tandasnya.

Disinggung jenis koperasi ini, Ayi menyebutkan, yaitu dalam bidang usaha atau usaha perdagangan. “Kedepannya, anggota PWI yang memerlukan sembako bisa disediakan koperasi. Kita menyiapkan sembako untuk anggota,” ucapnya.

Meski koperasi ini masih seumur jagung, kata Ayi, sudah ada simpanan pokok dan wajib, selain kegiatan usaha juga sudah mulai dirintis. Yaitu koperasi audah memiliki toko sebagai kegiatan usaha.

“Bahkan saat ini sedang mengembangkan usaha dengan cara membangun toko baru. Nantinya akan dijadikan toko binaan koperasi,” kata Ayi.

Ia pun kembali menuturkan, koperasi ini dibentuk semata-mata untuk mensejahterakan anggota koperasi. Bahkan, ia pun memiliki agenda untuk memikirkan nasib anggota koperasi yang belum memiliki rumah.

“Untuk memikirkan hal itu, kita saat ini sedang mencari donatur yang bisa kerjasama dengan koperasi. Karena selama ini, wartawan yang masuk anggota koperasi belum ada pihak yang memerhatikan rumah tinggalnya. Walaupun mereka kerja siang malam, dan saat ini masih ada wartawan yang sudah puluhan tahun mengontrak rumah,” jelasnya.

Nih, susunan pengurus Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung, H. Ayi Purnama (Ketua), Saufat Endrawan (Wakil Ketua), Dadang Darmawan (Sekretaris), Sopandi (Wakil Sekretaris), RD. Dani Rahmat (Bendahara), H. Aep Abdullah, H. Rahmat Sudarmaji dan H. Sarnapi (Pengawas) dan H. Denjaya (Manajer).***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close