Bale Kab Bandung

Pemkab Lebih Berhati-hati Soal Likuidasi 775 Koperasi Non Aktif

KAdis KUKM Cakra Amiyana (kanan) saat Ngawangkong Bari Ngopi di Taman Uncal Soreang, Jumat (26/7). by iwa/bbcom

SOREANG, Balebandung.com – Pemkab Bandung melalui Dinas Koperasi dan UKM berencana untuk mengaktifkan kembali koperasi berbadan hukum namun dinyatakan tidak sehat. Dari total 1.613 koperasi yang terdata, 838 koperasi masih aktif, sisanya 775 koperasi dinyatakan tidak aktif karena diantaranya sudah tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) lebih dari dua tahun.

Dari angka tersebut, ada juga beberapa koperasi yang membubarkan diri karena kelesuan usahanya sampai akhirnya bangkrut. Selain itu, dari 838 koperasi yang dinyatakan aktif pun, baru ada 218 koperasi yang RAT nya sudah memenuhi standar berdasar tahun buku 2018.

“Kita akan inventarisasi mana saja koperasi yang sakitnya akut atau tidak akut, mana yang sedang deman, perlu disuntik, mana yang terpaksa harus diamputasi, nanti kita perbaiki dari sisi pengelolaan atau manajerialnya,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab Bandung Cakra Amiyana saat kegiatan ‘Ngawangkong Bari Ngopi’ di Taman Uncal Pemkab Bandung di Soreang, Jumat (26/5/19).

Ami menandaskan terhadap koperasi yang tidak aktif tidak akan dilikuidasi atau dibubarkan. Menurut Ami, masih jarang pemda yang berani membekukan koperasi yang sudah tidak aktif.

“Karena ada persoalan menyangkut utang piutang. Kalau kita bekukan, nanti bagaimana tentang utang piutang koperasi itu? Sebenarnya kita juga lagi menunggu fasilitasi dari Kementerian Koperasi dan UKM terkait hal ini. Mungkin untuk pembubarannya pun harus melalui proses pengadilan karena koperasi yang tidak aktif ini masih punya badan hukum,” ungkap Ami.

Tantangannya ke depan, imbuh Ami, bagaimana agar koperasi yang sudah berbadan hukum tapi tidak aktif ini bisa diaktifkan kembali juga membenahi koperasi yang ada supaya lebih aktif baik dari sisi pengelolaan dan RAT-nya bisa memenuhi standar.***

PWI Kab Bandung Dirikan Koperasi Wartawan Sabilulungan Bale Bandung

416 Koperasi di Kab Bandung Dilikuidasi

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close