Bale Kab BandungPeristiwa

Tanggap Darurat Banjir Berakhir Sabtu (26/3)

 Ketua Korpri Kabupaten Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, MP secara simbolis menyerahkan langsung bantuan dari Korpri untuk warga korban banjir Kab Bandung, di Gedung Pramuka Baleendah, Selasa (22/3). by Humas Pemkab Bandung

Ketua Korpri Kabupaten Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, MP secara simbolis menyerahkan langsung bantuan dari Korpri untuk warga korban banjir Kab Bandung, di Gedung Pramuka Baleendah, Selasa (22/3). by Humas Pemkab Bandung

BALEENDAH – Ratusan korban bencana banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang Kabupaten Bandung mulai meninggalkan lokasi pengungsian yang tersebar di sejumlah titik. Kendati begitu masih ada sebagian korban yang menempati tenda pengungsian dengan alasan rumah mereka lagi dibersihkan.

“Jumlah pengungsi yang masih ada di tenda-tenda sekarang tidak mencapai seribu orang, karena masih dalam masa tanggap darurat mereka pun masih kami berikan bantuan makanan dan pakaian layak pakai berikut alat-alat kebersihan,” kata Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kab. Bandung Drs. H.Tata Irawan Subandi, usai menerima sejumlah bantuan barang dari Korpri Kab Bandung di Gedung Pramuka Baleendah, Selasa (22/3/16).

Tata menyebutkan, tanggap darurat bencana banjir akan berakhir Sabtu (26/3) mendatang mengingat curah hujan di daerah Bandung Selatan masih cukup tinggi. “Dari hasil pengamatan BMKG dan Geologi curah hujan masih akan terjadi hingga akhir Maret mendatang, sehingga tanggap daruratpun diperpanjang hingga 26 Maret,” terangnya.

Pihaknya mengakui, sejumlah bantuan sejak bencana banjir terjadi hingga kini masih terus mengalir. Sebagian besar menurut Tata bantuan berupa pakaian, bahan makanan, alat-alat sekolah, air mineral dan sejumlah alat kebersihan lainnya. “Tiap hari kita salurkan bantuan tersebut ke sejumlah tenda pengungsian ditambah bantuan makanan siap santap,” ungkapnya.

Bantuan sebagian besar datang dari instansi pemerintah, swasta dan BUMN serta sejumlah organisasi masyarakat lainnya. Tata tidak menyebutkan nilai bantuan yang telah diterima.

“Kami sulit untuk menghitungnya, karena berbentuk barang. Namun kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut peduli memberikan sebagian rejekinya untuk para korban bencana banjir,” ucap Tata.

Ketua Korpri Kabupaten Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, MP menyebutkan bantuan dari Korpri Kab Bandung, masing-masing berupa sapu ijuk 500 pc, sapu lidi 500 pc, sapu sikat dorong 500 pc, mop pel 500 pc, slaber karet 500 pc, pengki 500 pc, cairan pembersih lantai 500 pc, mie instan 65 dus, air mineral 51 dus, selimut 200 pc, handuk 50 pc dan pakaian bekas layak pakai sebanyak 20 karung.

“Mudah-mudahan bantuan dari para pegawai negeri ini bisa bermanfaat bagi para korban bencana yang sebagian besar berada di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang. Seraya berharap bencana banjir ini segera berlalu dan kepada para korban tetap bersabar menerima musibah ini, karena pemerintah pun terus berusaha agar banjir bisa segera teratasi,” kata Sofian.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close