Bale Kab BandungHankam

Tingkatkan Pelayanan, Polres Bandung Hadirkan Gedung SKPT

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan meresmikan Gedung SPKT POlres Bandung, Selasa (1/3). by Humas Polres Bandung
Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan meresmikan Gedung SPKT Polres Bandung, Selasa (1/3). by Humas Polres Bandung

SOREANG – Polres Bandung membuka Sistem Pelayanan Kepolisian Terpadu (SKPT) untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan administrasi seperti Surat Keterangan Cek Kepolisian (SKCK), Kartu Inventaris Sidik Jari (KIS) dan administrasi lainnya.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan dengan adanya SKPT maka pengurusan administrasi tidak harus memakan waktu lama. Bahkan para pemohon yang hendak mengurusi administrasi bisa datang ke Mapolres Bandung dan bisa mengurusnya sendiri tanpa menggunakan jasa calo.

“Kami ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan SKPT ini, karena tidak bisa dipungkiri jika masih banyak komplain terkait pelayanan administrasi di kepolisian,” kata Erwin usai meresmikan Gedung SKPT di Mapolres Bandung, Jalan Bhayangkara, Soreang, Selasa (1/3/16).

Erwin menjelaskan dengan SKPT ini, maka berbagai pelayanan yang diperlukan masyarakat dilakukan dalam satu pintu dan berbasis serba digital. Seluruh data base kepolisian juga terintegerasi dalam satu server, sehingga waktu yang dibututhkan untuk membuat administrasi tidak lama.

“Dengan sistem ini maka pemohon SKCK paling membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja karena semua data sudah terdata dalam sistem secara online,” sambungnya.

Begitu pun ketika masyarakat akan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Sebagai salah satu persyaratan membuat SIM, harus terlebih dahulu mempunyai KIS. Jadi, sekarang pemohon SIM yang belum mempunyai KIS, tidak harus belepotan tinta, karena perekaman dilakukan secara digital, baik sidik jari maupun foto.

“Fasilitas ini pun membantu kami dalam evaluasi internal terkait penanganan kasus. Saat ada masyarakat yang melaporkan sebuah kasus nantinya bisa diketahui berapa lama kasus tersebut ditangani oleh petugas penyidik,” kata dia. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close