Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

3 Parpol Pengusung Paslon Rindu Deklarasi Konspirasi Politik Dukung 2 DM

KATAPANG – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bandung menenggarai sejumlah pelanggaran pada acara Deklarasi Konspirasi PPP PKB dan Hanura, yang memberikan dukungan kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, pada acara yang digelar di RM Kampung Sawah Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Senin (19/2/18).

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, kegiatan Deklarasi Konspirasi yang digagas oleh para kader dan beberapa fungsionaris dari tiga partai tersebut merupakan suatu bentuk kampanye.

“Ini termasuk salah satu kegiatan kampanye. Dalam kegiatan kampanye ini ada kegiatan lain, kegiatan lain itu termasuk deklarasi. Ada bentuk dukungan dan ajakan kepada pasangan calon,” kata Hedi, Selasa (20/2/18).

Menurut Hedi, tadi malam ia dan tim Panwaslu Kabupaten Bandung hadir dalam kegiatan tersebut. Dengan tujuan untuk pengawasan. Dari awal acara hingga usai, pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran. Seperti pertemuan yang dilakukan di luar jadwal kampanye yakni dari pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Selain itu, penyelenggara kampanye tidak jelas dan tidak terdaftar di KPU. Kemudian juga di luar jadwal kampanye tidak boleh ada atribut partai, tidak boleh ada poto pasangan calon dan lain sebagainya.

“Sesuai mekanisme itu harus terdaftar di KPU. Apakah itu tim kampanye, relawan atau pendukung lainnya, harus terdaftar, dan harus ada surat pemberitahuan ke polisi dan ditembuskan ke KPU dan Panwas. Ini tidak ada,” ungkapnya.

Dari hasil temuan pelanggaran tersebut, pihaknya akan mengkaji secara umum. Apakah kegiatan itu dihadiri oleh PNS atau perangkat desa. Mengenai sejumlah temuan pelanggaran ini, pihaknya akan melakukan kajian lebih jauh.

“Saya mendapat laporan ada perangkat desa yang hadir juga di tempat itu,” ujarnya. Selain itu, kebanyakan yang hadir memang pengurus partai tingkat Jawa Barat. Kalau dari Kabupaten Bandung-nya sedikit,”katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kader dan fungsionaris partai PPP, PKB dan Hanura Jawa Barat mengalihkan dukunganya untuk Pilgub Jabar 27 Juni 2018. Mereka membelotkan dukungan dari keputusan partai yang mengusung pasangan Ridwan Kamil- Uu Rizalul Ulum dialihkan kepada pasangan 2DM.

Pada Senin (19/2) malam ratusan kader dan beberapa pengurus partai PPP, PKB dan Hanura berkumpul di RM Kampung Sawah di Jalan Raya Gandasari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Mereka mendeklarasikan dukungan kepada pasangan 2DM. Dalam deklarasi tersebut, hadir beberapa petinggi partai PPP, PKB dan Hanura dari Jabar, Kabupaten Bandung dan sejumlah daerah lainnya di Jabar.

Dalam sambutannya, kader partai PPP yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PPP Jabar, Komarudin Taher mengatakan, dukungan kepada pasangan ini berawal dari obrolan-obrolan santai dengan koleganya di Partai Hanura dan PKB. Dari sana muncul keinginan untuk mendukung pasangan 2DM. Alasannya, mereka memilih berbalik mendukung pasangan ini karena panggilan hati nurani. Hal ini nekat dilakukan meski mengetahui konsekuensi dari pembangkangan terhadap keputusan partainya masing masing.[]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close