Example
Bale PolitikBale Politik

Ketua KPU KBB Dipanggil KPK

Ketua KPUD KBB Iing Nurdin

PADALARANG – Sejumlah staf Sekretariat KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku kaget dengan pemeriksaan Ketua KPU KBB Iing Nurdin oleh KPK terkait kasus yang menjerat Bupati.

“Saya baru tahu soal itu,” ujar Komisioner KPU Beben Fathuroknman saat ditemui di Kantor KPU KBB Tagogapu Padalarang, Senin (21/5/18).

Beben pun memlih diam terkait pemanggilan Ketua KPU KBB oleh KPK. Suasana Kantor KPU KBB pun tampak normal. Di kantor pun hanya ada satu komisioner KPU, Beben Fathuroknman.

Sementara Plt Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra berharap proses Pilkada di KBB tidak terganggu dan berjalan sesuai dengan jadwal. “Saya baru denger informasi itu (Ketua KPU jadi saksi). Harapannya, semoga jalannya dan proses pilkada ini tidak terganggu,” kata Yayat di Pemkab Bandung Barat, Senin (21/5/18).

Menurut dia, pemerintah daerah dan KPU bukan dalam kapasitas atasan dan bawahan. Namun sebagai institusi yang mengalokasikan anggaran untuk KPU, maka sangat wajar jika Pemda KBB menginginkan jalannya pesta demokrasi yang digawangi oleh KPU berjalan lancar. Apalagi ini terkait dengan pemilihan calon kepala daerah yang akan menjadi pemimpin di KBB lima tahun ke depan.

Bukan hanya itu, Yayat juga terus memonitor perkembangan kasus di KPK khususnya yang menjerat sejumlah pejabat di lingkungan Pemda KBB. Termasuk beberapa kepala dinas yang dimintai keterangan susulan untuk memberikan kesaksiannya. Jangan sampai kondisi itu membuat roda pemerintahan semakin terganggu dan ada perasaan tidak nyaman.

“KPK itu langsung memanggil para saksi tanpa mengajukan izin dulu. Tapi para kepala SKPD yang dipanggil ini meminta izin ke saya, karena waktunya ada yang tersita di Jakarta imbas dari proses pemanggilan tersebut,” bebernya.

Dia sudah meminta bagian hukum untuk terus memonitor dan mengikuti perkembangan kasus ini. Serta menjadi tugasnya untuk membuat anak buahnya di SKPD untuk tetap bekerja dan tidak resah. Kerjakan tugas dan tanggung jawab sesuai pekerjaannya dengan mematuhi koridor aturan.

“Bohong kalau kejadian ini tidak mengganggu. Menjadi tugas saya untuk memulihkan dan membuat pelayanan jadi tidak terganggu,” imbuhnya.

Seperti diketahui KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua KPU KBB, Iing Nurdin, sebagai saksi untuk tersangka Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bandung Barat, Asep Hikayat. Ia merupakan tersangka pemberi suap Bupati Bandung Barat Abubakar.

Penyidik juga memanggil sejumlah saksi lainnya seperti Kepala BPBD Dudi Prabowo, serta Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Heru Budi Purnomo. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close