Bale PolitikPolitik Kab Bdg

KPU Kab Bandung Temukan Puluhan Calon KPPS Berafiliasi ke Parpol

SOREANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menemukan 20 orang dari calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berafiliasi dengan Partai Politik (Parpol) untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bandung Yudaningsih menuturkan, penemuan puluhan calon KPPS yang terdeteksi menjadi bagian dari parpol tertentu ini diketahui setelah pihaknya melakukan pencocokan data di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

“Jumlahnya lebih dari 20 orang. Usai dikroscek ada yang ditulis punggung, dia mengaku tidak tahu tiba-tiba ada di Sipol dan ada (calon KPPS) yang mengaku. Kami sudah delete itu, sebab menjadi KPPS harus independen tidak ada kaitan dengan parpol,” ungkap Yuda, Sabtu (2/6/18).

Meski sempat ada temuan itu,  menurutnya KPPS dari Kabupaten Bandung yang dikukuhkan serentak bersama kota/kabupaten lain Minggu (3/6) oleh KPU Jawa Barat, kini sudah bersih dari adanya indikasi kader maupun pengurus parpol tertentu.

“Sampai Jumat (1/6) kemarin, kami masih mengkroscek melalui sipol dari semua data calon KPPS dengan total 38.136 orang. Begitu resmi dilantik, mereka akan bertugas di 5.448 TPS yang ada di Kabupaten Bandung dengan formasi satu TPS itu ditempati tujuh KPPS,” kata Yuda. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close